Kanada Setujui Pengunaan Vaksin Covid 19 Buatan Pfizer

Vaksin COVID-19 buatan Pfizer/Foto:Reuters//Dado Ruvic

Acuantoday.com, Ottawa – Kanada menyetujui penggunaan vaksin COVID 19buatan Pfizer Inc, mulai pekan depan.

“Persetujuan vaksin itu didukung oleh bukti bahwa vaksin itu aman, efektif dan berkualitas baik,” kata Regulator Kesehatan Kanada dalam sebuah pernyataan.

Kanada adalah negara ketiga setelah Inggris dan Bahrain yang memberikan lampu hijau untuk vaksin Pfizer, yang dikembangkan BioNTech SE Jerman.

Vaksin tersebut disetujui di bawah sistem peninjauan obat sementara yang dipercepat yang sangat mirip dengan otorisasi penggunaan darurat Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), dan datang sehari sebelum panel penasihat FDA diatur untuk meninjau dan merekomendasikan apakah badan AS itu harus mengesahkan penggunaan dari vaksin Pfizer.

Perdana Menteri Justin Trudeau, Senin lalu mengatakan, Kanada akan menerima pengiriman awal hingga 249.000 dosis vaksin Pfizer pada akhir bulan ini.

Momen Sejarah

“Keputusan hari ini dari Regulator Kesehatan Kanada adalah momen bersejarah dalam perjuangan kolektif kami melawan pandemi COVID-19 dan merupakan langkah besar untuk kembali hidup normal di Kanada,” kata Cole Pinnow, presiden Pfizer Kanada.

Pfizer akan bertanggung jawab untuk mengirimkan vaksin, yang membutuhkan penyimpanan sangat dingin, ke gudang di seluruh Kanada.

Kanada memiliki pesanan untuk 20 juta dosis vaksin, cukup untuk menginokulasi 10 juta orang, dengan opsi untuk membeli hingga 56 juta lebih dosis vaksin.

Sebagian besar, sistem kesehatan provinsi dan teritorial akan memberikan suntikan secara gratis.

Menurut panduan yang diterbitkan oleh pemerintah federal, orang-orang yang rentan dan yang merawat mereka adalah prioritas utama penerima vaksin. Termasuk penghuni perawatan jangka panjang dan beberapa petugas perawatan kesehatan. (Dana/Ant/Rutres)

Comments

comments