Kapolri Ajak Pemuda Bersatu Perangi Covid-19

Kapolri Jenderal Idham Azis saat rapat kerja dengan Komisi III DPR RI secara virtual di Jakarta, Rabu (30/9). Rapat membahas pengungkapan kasus-kasus aktual./Acuantoday.com

Acuantoday.com, Jakarta―Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mengajak generasi muda untuk bersatu melawan pandemi Covid-19.

Idham mengatakan hal ini bersamaan dengan momentum Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10).

Peranan pemuda dalam upaya memerangi pandemi, kata Idham, bisa dilakukan dalam menyebar “virus” protokol kesehatan.

Hal itu bisa dilaksanakan dengan perilaku 3M: mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

“Marilah kita memaknai momentum Sumpah Pemuda ini untuk bersama-sama bergandengan tangan, bersatu dan bangkit untuk jadi pelopor dalam memerangi Covid-19,” tegas Idham dalam keterangan tertulis, di Mabes Polri, Rabu (28/10).

Sejak dideklarasikan pertama kali pada 28 Oktober 1928 oleh sejumlah pemuda se-Nusantara, termasuk Mohammad Yamin yang kelak diketahui sebagai salah satu perumus dasar negara, tanggal itu selalu diperingati saban tahun dengan ragam tema sesuai dengan permasalahan bangsa.

Pada tahun 2020 atau peringatan yang ke-92 kalinya, tema yang diusung yaitu “Bersatu dan Bangkit”.

Dikutip dari situs resmi Kemenpora melaporkan, angka 92 kali ini dihiasi oleh paduan warna biru dan hijau.

Perpaduan warna yang beragam ini menyiratkan makna atau menggambarkan Indonesia mempunyai ragam agama, suku, ras, dan bahasa.

Warna biru dalam logo angka melambangkan lautan, sedang warna hijau mengibaratkan alam hutan hingga pertanian Nusantara.

Sedangkan, semangat persatuan dalam logo tersirat pada simbol dua insan yang saling terhubung dengan tulisan bersatu dan bangkit di bawahnya.

Simbol ini menggambarkan persatuan putera dan puteri Indonesia yang aktif mengisi hari kemerdekaan Indonesia dan menjawab tantangan permasalahan bangsa. Dalam konteks kekinian, persatuan itu diarahkan guna memerangi pandemi COVID-19. (rwo)

Comments

comments