Kapolri Sindir Aksi Kerumunan Massa di Masa Pandemi COVID

Kapolri Jenderal Idham Azis. (Foto : Ade Irawan)

Acuantoday.com, Jakarta- Kapolri Idham Azis merespons masifnya sejumlah kegiatan, yang menyebabkan kerumunan massa di tengah pandemi COVID-19 dalam beberapa waktu belakangan ini.

Menurutnya, hal itu justru bakal memperparah penularan virus corona, terlebih kegiatan dengan banyak massa yang mengacuhkan protokol kesehatan. Alhasil, timbul keresahan di tengah masyarakat, lantaran khawatir tren angka positf terus melonjak.

“Terjadinya beberapa kerumunan massa tanpa protokol kesehatan menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat seperti yang disampaikan oleh warga maupun beberapa organisasi masyarakat melalui berbagai media,” kata Idham di Rumah Dinas Kapolri, Jakarta Selatan, Sabtu (14/11).

Idham lantas mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia, untuk bersama memerangi pandemi dengan tak membuat kegiatan yang mengundang kerumunan massa, seraya mematuhi protokol kesehatan dengan senantiasa memakai masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, mencuci tangan dengan sabun.

“Hal tersebut harus kita lakukan bersama-sama demi keselamatan kita bersama, dan untuk menyelamatkan semua orang yang ada di Indonesia ini,” katanya.

Kerumunan massa yang dimaksud Kapolri, setidaknya merujuk pada dua momen besar yang terjadi belakangan ini. Selain demo UU Ciptaker yang serentak dilakukan di seluruh wilayah Indonesia dengan ribuan massa, momen kepulangan pentolan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab pun tak kalah gawatnya.

Seperti diketahui, massa tumpah ruah di Bandara Soekarno Hatta saat menyambut dirinya pada Selasa (10/11) lalu. Begitu pun, kerumunan massa yang memadati kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat.

Tiga hari berselang, kedatangan Rizieq ke Markaz Syariah di Megamendung Puncak, Bogor, pun menimbulkan kerumunan massa yang diperkirakan jumlahnya ribuan.

Parade kerumunan massa dari imbas baliknya Rizieq belum selesai. Berselang 4 hari kemudian, Sabtu (14/11) kemarin di Petamburan, Jakarta Pusat, telah digelar pernikahan putri Rizieq, yang diperkirakan sebanyak 10.000 orang menghadiri acara tersebut. (rwo)

Comments

comments