Kasus COVID-19 Melonjak, Belanda Berlakukan “Penguncian  Sebagian” Lagi

Masyarakat menikmati minuman mereka di kafe yang buka kembali di Leidseplein Square, di Amsterdam, Belanda, Senin (1/6/2020), setelah Belanda melonggarkan sejumlah aturan penguncian untuk memerangi wabah penyakit virus corona (COVID-19). FOTO/Ruters/Eva P

Acuantoday.com, Amsterdam  – Belanda kembali nererapkan “penguncian sebagian”, termasuk menutup bar dan restoran, untuk mengendalikan penyebaran virus corona.

“Penguncian” akan mulai berlaku Rabu untuk jangka waktu dua minggu.

“Hari ini kami mengumumkan langkah-langkah baru dan berbobot dan pada kenyataannya kami akan menutup sebagian,” kata Perdana Menteri Belanda Mark Rutte,seperti dikutip Antara, Selasa waktu setempat.

Rutte mengumumkan bahwa bar dan restoran akan ditutup kecuali penjualan makanan atau minuman untuk dibawa pulang atau dikirim. Penjualan alkohol di malam hari juga dilarang.

Olahraga tim untuk orang yang berusia di atas 18 tahun akan dihentikan, transportasi umum terbatas hanya untuk perjalanan penting, pertemuan di rumah dibatasi hingga tiga orang per rumah tangga.

Pemerintah Belanda juga mewajibkan penggunaan masker kain bagi orang yang berusia 13 tahun ke atas. Pertemuan lebih dari 30 orang dilarang secara nasional.

Jumlah kasus COVID 19 di Belanda melonjak tajam dalam beberapa pekan terakhir dan  mencapai rekor harian hampir 7.400 kasus pada hari Selasa waktu setempat.

Pemerintah Belanda enggan menerapkan kembali “penguncian” yang lebih keras karena dapat merusak pemulihan ekonomi yang rapuh. Namun Rutte mendapat tekanan dari para ahli kesehatan untuk mengambil tindakan guna mencegah melonjaknya kasus baru CIVID 19. (Yendra)

Comments

comments