Kasus Covid Belum Melandai, Kota Bandung Wacanakan Karantina Wilayah

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna./Foto: Acuantoday.com (Dila)

Kasus Covid-19 Belum Melandai Kota Bandung Buka Wacana Karantina Wilayah

Acuantoday.com, Bandung―Pemerintah Kota Bandung akan segera menindaklanjuti wacana karantina wilayah terbatas, hingga tingkat RT dan RW. Langkah ini untuk menurunkan kasus Covid-19 yang masih tinggi.

Hal ini juga seiring evaluasi dari Presiden Joko Widodo soal kebijakan dalam pembatasan kegiatan masyarakat baik itu PPKM maupun PSBB yang tak maksimal. Sebab kasus positivity rate Covid-19 masih naik.

Seperti diketahui, Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan juga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jawa dan Bali sudah berjalan sejak 11 Januari 2021 lalu.

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna menyebut sebelum menerapkan wacana karantina wilayah terbatas pihaknya akan membahas dalam rapat Forkopimda.

“Karantina wilayah akan menjadi salah satu yang akan kita bahas di rapat dengan Forkopimda (Forun Komunukasi Pimpinan Daerah). Jadi belum ada kebijakan yang diputuskan,” kata Ema, Selasa (2/2).

Namun melihat situasi dan kondisi angka kasus positif aktif Covid-19 yang terus meningkat, Ema menilai memberlakukan karantina wilayah terbatas hingga tingkat RT atau RW merupakan hal yang tepat.

“Bagi Kota Bandung sekali lagi jika itu (karantina wilayah) menjadi keharusan, bukan sesuatu yang baru karena kita pernah melaksanakan,” tutur Ema yang juga Sekretaris Daerah Kota Bandung.

Lebih lanjut, Ema Sumarna menambahkan Kota Bandung mempunyai benchmark dan juga memiliki pengalaman terkait penerapan karantina wilayah terbatas karena pernah dilakukan di dua Kecamatan.

“Sempat karantina wilayah untuk tingkat Kecamatan di Kota Bandung diantaranya Kecamatan Cidadap dan juga Kecamatan Bandung Kulon seiring dengan temuan kasus Covid-19 yang tinggi,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyingggung soal penerapan karantina wilayah hingga tingkat RT/RW. Hal itu sebagai salah satu upaya untuk memperlambat laju penyebaran Covid-19. (dila)

Comments

comments