Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Kota Bandung Didominasi Kalangan Lansia

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara

Acuantoday.com, Bandung – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mencatat bila kasus kematian akibat Covid-19 di wilayahnya didominasi para kalangan lanjut usia (lansia). Berdasarkan data yang disampaika Satgas Penanganan Covid-19, total konfirmasi kasus Covid-19 di Kota Bandung hingga Sabtu, 6 Februari 2021 sebanyak 10.021 kasus.

Dari total itu, sebanyak 1.227 kasus masuk kategori konfirmasi aktif Covid-19, sebanyak 8.591 kasus kategori sembuh dari Covid-19, dan 203 kasus kategori meninggal.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan dari hasil pemeriksaan rata-rata para lansia yang meninggal karena Covid-19 berstatus komorbid. “Mereka berusia di atas 50 tahun, paling tinggi antara 60-69 dengan penyakit penyerta atau komorbid,” ujar Ahyani Raksanagara ketika di konfirmasi wartawan, Minggu (7/2).

Lebih lanjut, Ahyani mengungkapkan, dari hasil tracing para Lansia di Kota Bandung yang telah terpapar Covid-19 berasal dari anggota keluarga yang berkegiatan di luar rumah.

Selain itu, kata Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangun, Penelitian dan Pengembangan itu, ada pula Lansia yang masih aktif melakukan kegiatan-kegiatan di luar rumah.

“Mereka (Lansia yang meninggal akibat Covid-19) itu terpapar dari keluarga yang beraktivitas di luar. Makanya kami ingatkan lagi harus disiplin protokol kesehatan,” tegas Ahyani Raksanagara.(dila)

Comments

comments