Kasus Korupsi Bansos Covid, Effendi Gazali Penuhi Panggilan KPK

Pakar Komunikasi Politik Effendi Gazali. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta- Pakar Komunikasi Politik, Effendi Ghazali hari ini, Rabu (25/3/2021) memenuhi panggilan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi kasus suap pengadaan Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 di Kementerian Sosial (Kemensos).

Sebelum menjalani pemeriksaan, dosen Universitas Indonesia (UI) menyempatkan diri menjelaskan terkait materi pemeriksaan yang dijalaninya.

“”Yang pertama mengenai ada PT atau CV itu, saya mengatakan saya tidak kenal. Dan itu yang lebih gampang begini sebetulnya, panggil saja PT atau CV-nya, betul nggak? Panggil, konfrontasi ke saya. Apakah saya memang dapat segitu, kapan dikasih, dan kemudian apa urusannya dengan saya?” ucap Effendi Gazali di Gedung KPK.

Effendi juga mengungkapkan keheranannya atas surat panggilan yang ditujukan kepadanya. Karena surat panggilan memintanya membawa rekening perusahaan pengadaan bansos di Kemensos.

“Pertanyaan yang juga menarik adalah surat panggilan KPK itu isinya begini, ‘Harap membawa rekening perusahaan sejak 1 Januari 2020 dan PO Bansos Kemensos’. Saya ambil rekening siapa? Dari perusahaan mana saya ambil?” tanya Effendi.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menjelaskan bahwa pihaknya, memeriksa Effendi Gazali untuk melengkapi berkas perkara Pejabat Pembuat Komitmen Kementerian Sosial, Matheus Joko Santoso (MJS).

“Saksi Effendi Gazali akan diperiksa untuk tersangka MJS,” kata Ali Fikri.

Belum diketahui, apa kapasitas Effendi diperiksa penyidik dalam kasus suap bansos. Disinyalir, ia menjadi salah satu pihak yang mendapatkan kouta pengerjaan pengadaan Bansos Covid-19 di Kemensos yang telah menyeret Menteri Sosial, Juliari Pieter Batubara sebagai tersangka.

Untuk diketahui, Effendi Gazali beberapa waktu lalu juga pernah diperiksa KPK di kasus dugaan suap izin ekspor benih lobster di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang menjerat mantan Menteri KKP Edhy Prabowo sebagai tersangka.

Dalam kasus suap impor benur itu, Effendi Gazali diperiksa dalam kapasitasnya sebagai mantan penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.(Mmu)

 

 

Comments

comments