Kasus Terorisme Meningkat, Legislator Minta TNI Tetap Jalankan Tugas Utamanya

Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis pada pengukuhan regenerasi Duta Damai untuk regional Jawa Tengah 2020 di Semarang, Jumat (16/10)./Foto : Antara

Acuantoday.com, Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI Hinca Pandjaitan mengaku kerja aparat kepolisian dalam menangani gerakan kelompok teroris dan radikalisme sejauh ini masih baik, hingga pelibatan TNI dalam penanganan terorisme tidak perlu agar sistem yang sudah dibangun selama ini berjalan baik.

“Sepanjang menyangkut tugas-tugas Kepolisian menyangkut keamanan, saya kira ini cukup baik, biarkan itu jalan. TNI tetap di bidangnya, sehingga sistem yang kita bangun ini terus kita jalankan. Perdebatan-perdebatan yang terjadi di masyarakat ini yang kita diskusikan, belum kita putuskan apapun,” kata Hinca kepada wartawan, Senin (29/3).

Menurut politisi Partai Demokrat ini, kepercayaan Pemerintah dan DPR untuk memberikan kepercayaan kepada pihak Kepolisian menangani pergerakan dan tindakan kelompok terorisme ini sudah tepat, hingga tidak perlu mengganggu tugas TNI dalam menjaga pertahanan negara dan masyarakat Indonesia.

“Pandangan saya karena kita sudah memilih cara yang kita yakini benar, biarlah kepolisian bagian keamanannya, TNI tentu bagian mempertahankan keselamatan negara. Saya kira masih tepat,” ucapnya.

Oleh karena itu, Hinca berpendapat diskusi yang didiskusikan adalah mendorong TNI tetap pada tugas utamanya sebagai lembaga pertahanan negara, dan Polisi juga tetap fokus pada tugas utamanya yaitu sebagai lembaga keamanan negara.

Terkait dengan pembahasan Undang-Undang (UU) Terorisme yang menjadi pembahasan publik, Hinca mengaku pihaknya selalu mengkritisinya, karena perubahan UU pun tidak menghilangkan gerakan-gerakan teror di tengah masyarakat. Olehnya itu, perlu adanya langkah yang akurat dari pihak kepolisian.

“Soal UU dan semuanya, tentu kita selalu mengkritiknya. Saya ingin mengatakan, sebaik-baiknya apapun UU itu yang terpenting adalah deteksi dini dan kecekatan, kesiapan aparat penegak hukum. Kita tidak ragu sedikitpun pada Densus88 yang memang baik tugasnya, dan pengalaman kita cukup panjang. Saya yakin temen-teman Densus88 bisa secepatnya mengatasi dan menghentikan masalah ini,” tegasnya. (rht)

Comments

comments