Keajaiban Alpukat yang harus Kamu Tahu

Ilustrasi kreasi makanan dengan bahan alpukat---sumber gambar tripadvisor.com

Acuantoday.com — Alpukat adalah salah satu makanan paling kaya nutrisi dan mineral, lezat serta mengenyangkan di planet ini. “Sebagai ahli gizi, saya ingin katakan alpukat adalah makanan pembangkit tenaga yang luar biasa. Makanan yang lezat ini yang secara teknis adalah buah-buahan, mengandung lemak “baik” dengan banyak manfaat seperti anti-penuaan, antioksidan penangkal penyakit,” ungkap ahli gizi Cynthia Sass, MPH, MA, RD.CSSD.

Cynthia yang menulis di health.com menyebut, satu studi tahun ini menemukan bahwa pemakan alpukat biasa memiliki asupan serat, vitamin E dan K, magnesium dan kalium yang lebih tinggi. Ini sangat mengesankan! Berikut ini beberapa manfaat yang kita dapat dengan mengkonsumsi alpukat sebagaimana dikutip dari health.com.

1.Meningkatkan rasa kenyang

Alpukat mengandung lemak baik yang dapat memperlambat pengosongan perut. Artinya dengan mengkonsumsi alpukat kita akan merasa kenyang lebih lama. Alpukat mengandung sekitar 22 gram lemak (sebagian besar sebagai asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung, atau MUFA.

Dalam satu studi baru-baru ini, kepada relawan ditambahkan setengah alpukat pada makanannya. Hasilnya, terjadi peningkatan yang signifikan pada rasa kenyang dan berkurangnya keinginan untuk makan setidaknya sampai 5 jam ke depan.

Alpukat –sumber foto food ndtv,com

2.Pembangkit tenaga

Alpukat adalah salah satu makanan paling kaya nutrisi, lezat, dan memuaskan di planet ini. Tetapi sebagai ahli gizi, saya juga ingin mengungkapkan bahwa alpukat adalah makanan pembangkit tenaga. Makanan lezat ini secara teknis adalah masuk kategori buah-buahan dengan kandungan lemak baik, memiliki ‘sejuta’ manfaat seperti anti penuaan, antioksidan, penangkal berbagai penyakit dan mengandung setidaknya hampir 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Dalam satu studi tahun ini ditemukan bahwa rutin memakan alpukat akan memiliki asupan serat, vitamin E dan K, magnesium dan kalium yang lebih.

3.Melindungi jantung

MUFA (singkatan dari monounsaturated fatty acids atau asam lemak monounsaturated, adalah jenis lemak sehat) dalam alpukat telah terbukti memangkas kolesterol LDL “jahat”, dan meningkatkan kadar HDL “baik” – efek pukulan ganda yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung, pembunuh nomor 1 bagi pria dan wanita.

Sebuah studi UCLA baru-baru ini juga menemukan beberapa efek perlindungan jantung yang luar biasa dari konsumsi alpukat: Dibandingkan dengan makan burger tanpa alpukat, penambahan setengah Hass menghambat produksi senyawa yang berkontribusi pada peradangan, meningkatkan aliran darah, dan tidak meningkatkan trigliserida. (lemak darah) melebihi jumlah yang dihasilkan burger saja.

Alpukat juga merupakan sumber kalium, nutrisi yang membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai diuretik alami untuk menyapu kelebihan natrium dan cairan keluar dari tubuh, yang mengurangi tekanan pada jantung dan arteri.

4.Penguat nutrisi

Menikmati alpukat pada waktu makan dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak antioksidan dari makanan sehat lainnya. Dalam sebuah penelitian di Negara Bagian Ohio, ketika pria dan wanita makan salad dan salsa dengan 2,5 sendok makan alpukat, mereka menyerap lebih dari 8 kali lebih banyak alfa-karoten dan 13 kali lebih banyak beta-karoten-fitonutrien yang diketahui dapat melawan kanker dan penyakit jantung.

Studi terbaru lainnya menemukan bahwa memasangkan alpukat dengan saus tomat dan wortel meningkatkan penyerapan Vitamin A, nutrisi utama yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit, penglihatan, dan kekebalan.

5.Bukan sekadar makanan enak

Saya suka guacamole, yakni makanan tradisional Meksiko yang terbuat dari bahan dasar avokad, ditambah dengan lemon dan garam. Salah satu yang menyenangkan saya adalah alpukat bisa dibuat menjadi beragam makanan enak. Termasuk membuat kue dengan bahan campuran alpukat. Misalnya membuat brownies dan kue mangkuk. Ganti setiap sendok makan mentega dengan setengah sendok makan alpukat.

Ini akan memangkas kalori, meningkatkan kualitas nutrisi makanan Anda, dan tetap memberikan tekstur lembut yang akan membuat Anda merasa kenyang. ***dian

Comments

comments