Kebangkitan Sektor Pertanian Butuh Generasi Muda

Ilustrasi-Persawahan di daerah Bali./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Jakarta―Generasi muda tidak perlu malu menjadi petani, bahkan harus bangga karena kebangkitan sektor pertanian perlu pelibatan pemuda demi mempertahankan bangsa ini sebagai negara agraris.

“Ke depan harus lebih banyak orang kaya dari sektor pertanian, sehingga kebangkitan pertanian menjadi daya ungkit kemajuan pembangunan ketahanan pangan,” kata Anggota Komisi IX DPR RI Dewi Aryani dalam keterangan pers, Senin (9/11).

Dewi Aryani memandang penting peran pemuda dalam sektor pertanian, baik dalam urusan budi daya tanam, inovasi bibit, olah pertanian, maupun menggali berbagai usaha bidang pertanian.

“Tidak saja soal pemasaran, tetapi juga bagaimana hasil bumi petani punya nilai tambah sekaligus punya nilai jual yang jauh lebih baik baik untuk pasar dalam negeri, maupun pasar luar negeri,” ucapnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku siap mendukung kiprah para pemuda di Kabupaten Tegal dalam mengelola sektor pertanian.

Lanjut Dewi, pelibatan generasi muda pada usaha pertanian ini tidak hanya menyerap tenaga kerja, tetapi juga tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat akan ketersediaan pangan di tengah pandemik Covid-19.

Menurut dia, tanpa petani kemajuan sektor apa pun tidak akan berkemajuan karena semua bahan pangan yang menjadi fondasi kehidupan manusia kuncinya ada di peran petani. “Petani sejahtera negara makin maju,” tutupnya. (rht)

Comments

comments