Kegigihan Novita Yunus Bawa Batik Chic Dikenal Dunia

Desainer Novita Yunus dan gaun-gaun batik rancangannya---sumber foto jakartafashionweek.co.id

Acuantoday.com— Sebentar lagi Jakarta Fashion Week digelar. Persisnya 26-29 Nov 2020. Seperti acara pagelaran lainnya, lantaran pandemic Covid 19 masih berlangsung, Jakarta Fashion Week 2021 pun akan digelar streaming alias virtual. Satu desainer yang sekarang tengah bersiap adalah Novita Yunus yang juga founder and creative director Batik Chic.

Di tangan Novita, gaun batik tidak terasa ‘berat’ apalagi kuno. Sebaliknya gaun batik kreasinya lebih terlihat kasual dan simple sehingga anak muda pun suka. “Aku mainkan desainku dari segi warna, style, bahan, hingga bordir agar kain batik dapat dikemas jadi produk yang keren di Batik Chic,” kata Novita, sebagaimana dikutip di laman jakartafashionweek.co.id

OCTOBER 20: A model walks the runway of AUSTRALIAN FASHION SHOWCASE with Collections from Novita Yunus – Batik Chic during the Jakarta Fashion Week 2019 in Senayan City, Jakarta–sumber foto jakartafashionweek.co.id

Menengok latar belakang desainer penuh talenta ini, mungkin bikin kita sedikit tercengang. Pasalnya, Novita awalnya adalah seorang pegawai bank. Suatu Ketika ia ingin resign dari pekerjaannya di bank dan ingin memiliki pekerjaan yang lebih fleksibel. Sebelum resign dari kantor lamanya, Novita yang penyuka tas ingin menghadiahkan dirinya sebuah tas branded.

“Tapi kok, aku merasa sayang membeli tas branded yang harganya mahal hingga terpikirlah untuk membuat tas batik sendiri. Jadi aku desain serta sendiri bahan-bahan kain batiknya dan meminta home industry kenalanku untuk menjahitnya,” cerita Novita.

Setelah tas batik itu selesai dibuat dan dibagikan fotonya di akun Facebook, ternyata banyak yang menyukai tas itu dan berniat membelinya. Novita pun melihat ini sebagai kesempatan yang bagus untuk memulai suatu usaha. “Karena tidak punya background pengusaha fashion, aku belajar secara otodidak, mulai dari mencari bahan hingga tukang jahit,” tutur Novita yang akhirnya mendirikan Batik Chic pada Desember 2009.

Ia mengawalinya dengan produk tas batik yang dipasarkan secara online. Dari sana berkembang dan akhirnya  memiliki galeri kecil di Kawasan Kemang. Produk yang dijualnya pun bertambah, bukan hanya tas batik tapi juga pakaian, aksesoris, dan sepatu, dll.

Kejelian Novita dalam melihat kesempatan dan kreativitasnya yang tinggi ini juga yang membawa Batik Chic sampai ke dunia Internasional. Mulai dari memamerkan batik rancangannya di festival fashion, seni, dan budaya hingga tampil di acara fashion week.

“Aku selalu berusaha menggunakan kesempatan mempromosikan batik Indonesia di luar negeri semaksimal mungkin. Sehingga semua orang yang melihat karyaku akan sama kagum dan bangganya seperti saat mereka memakai kain tradisional Indonesia yang cantik dan indah,” ungkap Novita.***dian/jfw

Comments

comments