Kejaksaan Agung Ringkus Terpidana Buron Kasus Korupsi Bank Maluku

Tim gabungan Kejagung dan Kejaksaan Tinggi Maluku Utara berhasil tangkap buron 3 tahun kasus korupsi Bank Maluku./Foto: Dok. Kejagung RI

Acuantoday.com, Jakarta – Setelah kurang lebih buron tiga tahun, terpidana kasus korupsi Hientje Abraham Toisuta, berhasil diringkus oleh tim tangkap buronan Kejaksaan Agung RI dan Kejaksaan Tinggi Maluku pada Selasa (15/9) malam. 

Hientje tak berkutik saat digerebek oleh petugas di kediamannya di kawasan Keramat Sentiong, Jakarta Pusat. 

Pria berusia 45 tahun itu tersangkut dalam perkara pembelian lahan dan bangunan bagi pembukaan kantor cabang Bank Maluku dan Maluku Utara di Kota Surabaya pada tahun 2014 lalu. 

Ia terbukti bersalah melakukan korupsi dan pencucian uang pada proyek itu. Akibat perbuatannya, negara mengalami kerugian hingga Rp7,6 miliar.  

Perbuatannya lantas membuat Mahkamah Agung menaikkan statusnya dari terdakwa menjadi terpidana pada November 2017. 

“Dihukum dengan pidana penjara selama 12 belas tahun penjara, membayar denda Rp800 juta subsidair 7 bulan kurungan serta membayar uang pengganti sebesar Rp7,2 miliar subsidair 4 tahun penjara,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono melalui keterangan tertulisnya yang diterima Acuantoday.com, Rabu (16/9).

Terpidana, kata Hari, rencananya akan segera diterbangkan ke Ambon untuk dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Ambon.

Penangkapan Hientje ini menjadi tangkapan buron yang ke-72 oleh Kejaksaan Agung selama tahun 2020 ini. (rwo)

Comments

comments