Kekeringan, 10 Ribu KK di Kabupaten Bogor Kesulitan Air

Korban kekeringan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mendapat banrtuan air bersih. /foto: istimewa

Acuantoday.com, Bogor – Sedikitnya 10.613 Kepala Keluarga(KK) kesulitan air menyusul terjadinya bencana kekeringan di 28 Desa di 11 Kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bogor telah mendistribusikan 280 ribu liter air bersih ke beberapa titik di 9 kecamatan.

Menurut prakiraan cuaca dan musim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia masih dapat berlangsung hingga bulan Oktober, khususnya di sebagian besar Pulau Jawa.

Sedangkan musim hujan di Indonesia akan dimulai secara bertahap di akhir bulan Oktober, terutama dimulai dari wilayah Indonesia Barat dan sebagian besar wilayah Indonesia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta agar pemangku kebijakan di daerah antisipatif terhadap kemungkinan dampak musim kemarau, terutama di wilayah yang rentan bencana kekeringan.

Selain itu  mereka diharapkan lebih optimal menyimpan air pada musim hujan, untuk memenuhi danau, waduk, embung, kolam retensi, dan penyimpanan air buatan lain, melalui gerakan memanen air hujan. (Diana)

Comments

comments