Kekeringan di Lombok Utara, Ribuan Warga Kesulitan Air

Anggota kepolisian membantu penyaluran bantuan air bersih kepada warga desa di Pulau Lombok, NTB, yang terdampak kekeringan/Antara

Acuantoday.com, Mataram – Puluhan dusun  di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat,  mengalami kekurangan air di musim kemarau ini.Hampir  25 ribu warga kesulitan air.

“Kami sudah menyiapkan bantuan air bersih sebanyak 1.500 tangki atau setara 7,5 juta liter untuk warga terdampak kekeringan di 63 dusun,”  kata Kepala BPBD Kabupaten Lombok Utara, Muhadi di Sabtu (12/9).

Muhadi memperkirakan jumlah warga yang mengalami krisis air bersih pada musim kemarau tahun ini sebanyak 8.111 kepala keluarga atau 24.255 jiwa .

“Pendistribusian bantuan air bersih sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan dua posko untuk mempermudah penyaluran bantuan air bersih, yakni di bagian timur meliputi Kecamatan Kayangan, dan Bayan. Sedangkan posko di bagian barat, meliputi Kecamatan Pemenang, Tanjung, dan Gangga.

Ia berharap alokasi bantuan air bersih sebanyak 7,5 juta liter yang sudah disiapkan bisa mencukupi kebutuhan. Namun, jika terjadi kekurangan, pihaknya akan mengajukan permohonan bantuan ke Pemerintah Provinsi NTB.

“Kami berharap pihak swasta turut  membantu mengatasi krisis air bersih dengan mengalokasikan dana tanggung jawab sosial perusahaan,” ujar Muhadi. (Tesar/ant)

 

Comments

comments