Kemarau Panjang, Puluhan Desa Di Ngawi Kekeringan

Acuantoday.com, Ngawi- Puluhan desa di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, mengalami kekeringan, akibat kemarau panjang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi telah mengrim bantuan air ke desa yang kekeringan, bahkan sejak agustus lalu.

“Secara keseluruhan, bantuan yang telah disalurkan sejauh ini mencapai sekitar 600 tangki,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ngawi Teguh Puryadi

Menurut dia, sampai sekarang jumlah desa terdampak masih sesuai prediksi. Namun, tidak menutup kemungkinan kekeringan akan meluas.

Antara melaporkan, salah satu desa terdampak kekeringan adalah Desa Gunungsari, Kecamatan Kasreman. Warga setempat harus berjalan sekitar tiga kilometer ke kawasan pegunungan untuk mendapatkan air demi kebutuhan mandi dan cuci.

“Kalau dapat bantuan seperti ini harus dihemat karena cari air sekarang sulit,” kata salah seorang warga desa setempat, Saminem.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, memetakan sedikitnya sembilan kecamatan di wilayahnya berpotensi mengalami krisis air bersih atau kekeringan pada musim kemarau.

Sembilan kecamatan itu antara lain, Kecamatan Mantingan, Karanganyar, Widodaren, Kedunggalar, Pitu, Bringin, Kasreman, Padas, serta Karangjati. (Iga)

Comments

comments