Kemenkes Gandeng KPK Cegah Korupsi Anggaran COVID

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta- Kementerian Kesehatan bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyepakati penguatan pengawasan anggaran terutama anggaran penanganan pandemi COVID-19.

Penegasan disampaikan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam sambutannya pada acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dipantau secara daring di Jakarta, Kamis (17/12).

Menkes Terawan menjelaskan kerjasama tersebut merupakan MoU lanjutan yang pernah dilakukan pada empat tahun lalu.

Untuk MoU kali ini, kerjasama khusus mengawasi penggunaan anggaran negara pada situasi pandemi COVID-19 agar tidak ada yang mengorupsi anggaran negara untuk menyelesaikan wabah virus corona ini.

“Untuk mengantisipasi perkembangan situasi penanganan bencana atau wabah, maka dipandang perlu untuk segera memperbarui nota kesepahaman tersebut,” kata Terawan.

Pembaruan nota kesepahaman dinilainya penting dilakukan sebagai antisipasi dini dan upaya Kemenkes dalam menjalankan komitmen pencegahan korupsi.

“Saya ajak seluruh jajaran Kementerian Kesehatan untuk mendorong tingkat kualitas pelayanan publik dan pemberantasan korupsi dimulai dari diri sendiri, termasuk saya,” tegas Menkes Terawan.

Menkes Terawan mengungkapkan berkali-kali ia mengingatkan pada seluruh pegawai Kementerian Kesehatan agar tidak melakukan tindak pidana korupsi, terlebih pada situasi pandemi COVID-19 yang melanda masyarakat.

“Saya harap kedepankan integritas yang tinggi, dan jauhi praktik tidak terpuji, seperti korupsi terima gratifikasi, menerima janji sesuatu, suap, pungli dan lain-lain. Seluruh aparatur sipil negara Kementerian Kesehatan agar menjadi contoh teladan dan panutan yang baik, sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat,” kata dia.(har)

Comments

comments