Kemenkes Manfaatkan Bekas Laboratorium Flu Burung Untuk Penanganan COVID-19

.Arsip Foto. Peneliti LIPI melakukan uji validasi deteksi virus corona dari sample usap yang telah diekstrak di Laboratorium Kimia LIPI di Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (26/8/2020). Guna mendukung upaya penanggulangan COVID-19 pemerintah akan memfungsikan laboratorium eks flu burung di Bandung untuk pemeriksaan COVID-19/ Foto:Antara

Acuantoday.com, Jakarta – Kementerian Kesehatan mengalihkan penggunaan laboratorium eks penanganan flu burung di Bio Farma di Bandung, Jawa Barat, untuk keperluan penanganan COVID-19.

Dalam siaran pers Rabu (23/9), Menteri Kesehatan,Terawan Agus Putranto mengatakan, pengalihan aset eks penanganan kasus flu burung akan dilakukan menggunakan skema penyertaan modal aset negara.

Terawan menjelaskan, karena penerapan skema tersebut membutuhkan waktu cukup lama, maka  pihaknya dan Bio Farma memutuskan membuat perjanjian pemakaian sementara.

“Supaya asetnya bisa segera digunakan, jadi langsung dilakukan pemakaian sementara,” katanya.

Aset yang dimaksud mencakup Gedung Laboratorium Avian Flu di kompleks Bio Farma Bandung. Terawan berharap gedung tersebut dapat segera dimanfaatkan secara optimal, untuk mendukung percepatan upaya penanganan COVID-19.

“Semoga ini menjadi awal yang baik bagi apa yg dikerjakan oleh Bio Farma,” kata Terawan. (Ananda/Ant)

Comments

comments