Kepala BNPB Usulkan Tambahan Anggaran sebesar Rp 5,2 Triliun

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VIII DPR RI, di Ruang Sidang Komisi VIII DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/3/2021). (Foto : Biro Pemberitaan DPR RI)

Acuantoday.com, Jakarta- Untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di tanah air, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengaku telah mengusulkan penambahan anggaran ke Kementerian Keuangan (Menkeu) sebesar Rp5,2 triliun.

“Kami telah menyampaikan usulan anggaran tambahan sebesar Rp5,2 triliun kepada Menkeu melalui surat Kepala BNPB nomor B.76/KA BNPB/ PR.04.02/03/2021,” kata Doni Monardo saat rapat bersama Komisi VII, Selasa (16/3).

Menurut Doni Monardo, usulan penambahan anggaran tersebut sudah disampaikan pada 4 Maret kemarin. Dana tersebut, kata Doni, dikhususkan untuk pembiayaan tenaga tracing hingga akhir Maret 2021.

Usai itu, lanjut mantan Danjen Kopassus itu kegiatan tracing, testing, hingga penyediaan alat kesehatan akan dilakukan pihak Kementerian Kesehatan pada 1 April 2021. Dikatakan Doni, pihaknya juga mengusulkan tambahan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp 2 triliun.

“Kami juga menyampaikan usulan dana tambahan DSP untuk penanganan bencana sebesar Rp2 triliun,” akuinya.

Sejauh ini BNPB sudah merealisasikan DSP sebesar Rp178,5 miliar dari dana awal Rp 250 miliar. Tidak sampai disitu, Doni juga menegaskan akan ada estimasi anggaran untuk kebutuhan mendesak penanganan bencana mencapai Rp 209 miliar.

“Terdiri dari Rp2,05 triliun untuk penanganan bencana alam dan Rp9,22 triliun untuk penanganan covid-19,” paparnya.

Sejauh ini, kata Doni Monardo anggaran BNPB terus turun setiap tahun dan Indonesia akhir-akhir ini terus mengalami bencana alam.

“Sedangkan kejadian bencana menunjukkan tren meningkat secara signifikan tiap tahunnya, sehingga terdapat kesenjangan besar terhadap penyelenggaraan penanggulangan bencana dengan ketersediaan sumber dana yang terbatas,” jelasnya.

Atas dasar itu, Doni Monardo berharap ke depan anggaran rutin BNPB ditambahkan dengan banyaknya bencana alam yang melanda Indonesia. “Diharapkan ke depan anggaran rutin BNPB dapat ditambah mengingat kebutuhan yang meningkat,” harapnya. (rht)

Comments

comments