Kepala Div Humas Polri Argo: Rizieq Shihab Diperlakukan Humanis

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020). (ANTARA FOTO/Fauzan/foc)

Acuantoday.com— Kepala Div Humas Polri Argo Yuwono menyatakan selama pemeriksaan Rizieq Shihab diperlakukan dengan humanis dan hak-haknya sebagai tersangka diberikan. Seperti kesempatan sholat, makan siang-makan malam, dll.

“Jadi semua hak-hak tersangka kita berikan. Kita lakukan,” tegas Argo dalam jumpa pers seusai Rizieq Shihab dibawa dengan mobil tahanan ke Rutan Polda Metro Jaya, Minggu (13/12/2020) dini hari.

Sebelum pemeriksaan, ucap Argo, Rizieq juga menjalani pemeriksaan terkait Protokol Kesehatan, juga pemeriksaan kesehatan lainnya seperti tensi, tes gula darah. “Ini merupakan bagian dari Prokes dan dilakukan terhadap setiap tersangka yang diperiksa di jajaran kepolisian,” jelas Argo.

Dalam kesempatan itu Argo juga menjelaskan alasan penahanan yakni obyektif dan subyektif. Obyektif adalah karena ancaman hukuman di atas 5 tahun. Sedang alasan subyektif adalah; Agar tersangka tidak melarikan diri, Agar tersangka tidak menghilangkan barang bukti, Agar tidak mengulangi perbuatannya, serta Mempermudah pemeriksaan.

Sebagaimana diketahui, Rizieq Shihab resmi ditahan setelah menjalani pemeriksaan dari pukul 11.30 hingga pukul 22.00 WIB. Penyidik mengajukan 84 pertanyaan. Setelah selesai pemerikaan BAP dibacakan kembali dan dilakukan beberapa perbaikan.

Rizieq keluar dari ruang pemeriksaan pukul 00.22 sudah mengenakan rompi tahanan berwarna orange dan tangan diborgol. Rizieq akan menjalani penahanan hingga 20 hari ke depan terhitung dari 12 Desember hingga 31 Desember 2020. Ia disangkakan Pasal 160 KUHP dan Pasal 216 KUHP. ***dian

 

Comments

comments