Keren, Bayar Pakai Kartu Tanpa Pencet PIN 

Logo Bank Mandiri. /Foto: Acuantoday.com (Ahmadi Supriyanto)

Acuantoday.com, Jakarta – Pandemi membuat banyak perusahaan melakukan inovasi untuk mengimbangi kebutuhan, terutama menghindari kontak fisik. Hal ini disadari betul oleh Bank Mandiri yang meluncurkan  kartu pembayaran tanpa kontak fisik dan tanpa perlu menekan nomor identifikasi pribadi (PIN). 

Nama kartu itu adalah Mandiri Visa Contactless.

“Perubahan pola transaksi dan kebutuhan konsumen khususnya di masa pandemi yang mendorong kami untuk lebih berkreasi,” kata Senior Vice President Credit Card Group Bank Mandiri Lila Noya dalam webinar di Jakarta, Kamis (17/9).

Menurut dia, nasabah pemegang kartu tersebut hanya perlu menyentuh (tap) kartu mereka di mesin pembayaran di kasir untuk transaksi hingga Rp1 juta

Kartu pembayaran itu, tegas Lila, menyediakan level keamanan tertinggi dengan chip. Selain itu, setiap transaksi juga dilengkapi dengan kode sekali pakai yang spesifik per transaksi sehingga melindungi informasi pembayaran yang sensitif.

Kini, semua kartu berlogo Visa yang diterbitkan oleh bank BUMN ini telah mencapai 1,2 juta kartu dan seluruh tipenya telah dilengkapi teknologi tanpa kontak fisik.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan, kebiasaan nontunai terbentuk secara cepat dan diperkirakan akan tetap diminati di era serba digital saat ini.

“Berdasarkan studi terbaru kami, 62 persen konsumen Indonesia memilih membayar menggunakan kartu kredit, kartu debit, dan aplikasi mobile, dibandingkan uang tunai akibat pandemi,” katanya.

Hadirnya inovasi pembayaran di tengah pandemi COVID-19 itu disambut baik konsumen Tanah Air karena memberikan higinitas ketika melakukan pembayaran.

“Saya tidak perlu memberikan kartu contactless saya kepada kasir atau pun memasukkan nomor PIN, sehingga memastikan keamanan diri sekaligus informasi pembayaran saya,” kata konsumen sekaligus selebriti Laura Basuki. (adi)

Comments

comments