Ketahanan Ekonomi Indonesia dalam Kondisi Baik, Ini Indikatornya

Proyek pembangunan gedung di kawasan Depok beberapa waktu lalu./Foto: Acuantoday.com (Ahmadi Supriyanto)

Acuantoday.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) menegaskan, ketahanan ekonomi Indonesia dalam kondisi baik. Indikasinya terlihat dari beberapa hal, seperti neraca perdagangan yang tetap mencatat surplus, peningkatan cadangan devisa, dan nilai tukar rupiah relatif terkendali di tengah tingginya tekanan pada Agustus-September 2020. 

Dalam keterangannya, Senin (21/9) kemarin, Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko mengatakan,  inflasi tetap rendah sejalan permintaan yang belum kuat dan pasokan yang memadai. 

“Kondisi likuiditas lebih dari cukup sehingga terus mendorong penurunan suku bunga dan kondusif bagi pembiayaan perekonomian,” katanya.

Sedangkan, lanjut dia, stabilitas sistem keuangan tetap terjaga, meskipun risiko dari dampak meluasnya penyebaran COVID-19 terhadap stabilitas sistem keuangan terus dicermati. Sementara itu, kelancaran Sistem Pembayaran, baik tunai maupun nontunai, juga tetap terjaga.

Ke depan, katanya, BI akan terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) terus diperkuat untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional. (ahm)

Comments

comments