Ketersediaan Vaksin Memunculkan Optimisme Sektor Properti

Deretan rumah contoh di sebuah kawasan perumahan Cibubur./Foto: Acuantoday.com (Ahmadi Suriyanto)

Acuantoday.com, Jakarta―Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Real Estate Indonesia (REI), Hari Gani mengungkapkan, sektor properti adalah salah satu penyumbang ekonomi terbesar di Indonesia.

Ada 175 industri yang terkait dengan industri properti, dengan 30 juta pekerja di sektor ini.

“Sektor properti harus mendapat perhatian, mengingat banyak industri yang terkait,” jelasnya akhir pekan lalu.

Selain itu, keberhasilan uji coba salah satu vaksin corona di penghujung 2020 yang mencapai 90 persen telah memunculkan optimisme akan bangkitnya sektor properti yang sempat terpuruk.

Optimisme makin bertambah dengan adanya UU Cipta Kerja yang diyakini mampu memperlancar perekonomian pasca Covid-19.

Menurutnya, pemerintah saat ini sedang menyusun Perpres dan PP yang merupakan aturan turunan dari UU Cipta Kerja. DPP REI Sendiri telah membentuk 15 tim untuk meberikan masukan pada pemerintah.

“Yang terkait industri properti terkait setidaknya dengan lima PP turunan dari UU Cipta Kerja, mulai dari PP sektor PUPR hingga PP tentang pengadaan lahan,” jelasnya, seperti dikutip dari laman InfoPublik.

Commercial and Business Development Director AKR Land, Alvin Andronicus mengatakan, pasar property yang mulai bergairah saat ini akan semakin baik di tahun 2021, lantaran keberhasilan uji coba vaksin corona yang mencapai 90 persen.

Menurutnya ini dapat dilihat dengan melonjaknya harga saham global usai kabar tentang keberhasilan vaksin corona buatan perusahaan farmasi Pfizer dan BioNTech.

“Pasar saham melonjak ke rekor tertinggi, kita tahu ini terjadi setelah Pfizer dan BioNTech mengumumkan bahwa vaksin virus corona yang mereka buat 90 persen efektif. Karena itu 2021 adalah saatnya para pelaku industri properti bangkit, seperti macan turun gunung,” katanya. (adi)

Comments

comments