Ketua KPK : Pemberantasan Korupsi tak Terpengaruh Pilkada

Acuantoday.com, Jakarta — Komisi Pembereantasan Korupsi (KPK) berkomitmen untuk memberantas korupsi, tidak terpengaruh dengan proses pilkada.

“Pilkada itu adalah ranah politik, sedangkan penegakan hukum pada ranah berbeda. Jadi proses penegakan hukum tetap berjalan dan tidak terpengaruh oleh pelaksanaan pilkada,” ujar Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahur, Selasa(8/9).

Ia mengingatkan calon kepala daerah petahana atau dari unsur aparatur pemerintah diingtakan untuk tidak menggunakan anggaran negara dalam kontestasi Pilkada Serentak 2020

“Jangan pernah berpikir KPK akan kesulitan untuk memantau pergerakan khususnya potensi tindak pidana korupsi dalam perhelatan pilkada serentak di 270 daerah dengan rincian sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota,” kata Firli dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

KPK, menurut Firli, sudah membangun sistem khusus untuk memantau Pilkada Serentak 2020 serta menerapkan konsep “three prongs approaches” dalam mengawal pilkada yang bersih.

“Selain itu, KPK memiliki ‘mata rakyat’, yaitu anak-anak bangsa yang memiliki integritas dan menjaga nilai-nilai kejujuran. Mereka tidak takut, berani lantang berteriak, meneriakkan kebenaran di antara bisikan kejahatan korupsi,” ujarnya. (Rosa/Ant)

 

Comments

comments