KH Miftachul Akhyar Ketua Umum MUI Pusat 2020-2025

KH Miftachul Akhyar yang hadir pada Musyawarah Nasional Majelis Ulama Indonesia di Jakarta, pada 25-27 November 2020 kini menjadi ketua umum MUI periode 2020-2025 mengganti KH Ma’ruf Amin. (Foto : Antara/Majelis Ulama Indonesia)

Acuantoday.com, Jakarta- Kepengurusan baru Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025 telah terbentuk.

Pergantian pucuk pimpinan MUI ditetapkan melalui Musyawarah Nasional (Munas) X Majelis Ulama Indonesia (MUI) di arena Munas X MUI, Jakarta, Jumat (27/11).

Munas menetapkan KH Miftachul Akhyar, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, sebagai Ketua Umum MUI periode 2020-2025 menggantikan Prof KH Ma’ruf Amin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden RI. Sedangkan Dr Amirsyah ditetapkan sebagai Sekretaris Jenderal menggantikan Buya Anwar Abbas.

Untuk posisi Ketua Dewan Pertimbangan dijabat Prof KH Ma’ruf Amin. Munas juga menetapkan sejumlah nama untuk menduduki posisi wakil ketua umum yaitu Buya Anwar Abbas, KH Marsyudi Suhud, dan Buya Basri Bermanda.

Penetapan tersebut dihasilkan secara mufakat. Sebelumnya pemilihan dilakukan melalui rapat tertutup 17 tim formatur dengan mengikuti protokol kesehatan dan menjalani rapid test setelah sebelumnya swab test.

“Suasananya sangat cair, tidak alot, sehingga alhamdulillah pertemuaan hasilkan keputusan Dewan Pengurus Harian dan Dewan Pertimbangan. Hasilnya tidak boleh diganggu gugat,” kata Kiai Ma’ruf yang didaulat sebagai ketua tim formatur, di arena Munas X MUI.

Selain menetapkan formasi kepengurusan baru, Munas X MUI juga menghasilkan sejumlah keputusan antara lain di bidang fatwa, Munas memutuskan empat fatwa soal haji dan satu fatwa soal human deploit cell.

Sementara itu untuk rekomendasi, Munas X MUI mengeluarkan Taujihat Jakarta merespons berbagai problematika dan dinamika mutakhir di tingkat nasional dan internasional.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay menyambut baik kepengurusan baru MUI Pusat.

Mengenai figur KH. Amirsyah Tambunan yang berlatarbelakang Muhammadiyah, Saleh menilai KH. Amirsyah sangat layak menduduki jabatan tersebut karena sudah berkecimpung di MUI selama 20 tahun.

“Sebelum ini beliau sudah mengemban amanah sebagai wakil sekjen. Tentulah tugas-tugas sebagai sekjen sudah sangat akrab dan tidak asing lagi,” kata Saleh.

Menurut Plt Ketua Fraksi PAN ini, Amirsyah dikenal cukup luas pergaulannya. Selain bergaul dengan Ormas-Ormas keagamaan Islam, beliau juga dikenal luas di organisasi lintas agama dan civil society. Olehnya itu, hal ini tentu akan menjadi modal utama dalam merajut kohesivitas sosial di tingkat internal umat, dan antar umat beragama dalam bingkai NKRI.

Berikut daftar lengkap Dewan Pimpinan Harian MUI periode 2020-2025.

Dewan Pimpinan Harian MUI Pusat

Ketua Umum MUI : KH. Miftachul Akhyar

Wakil Ketua Umum MUI 1 : Dr. Anwar Abbas

Wakil Ketua Umum MUI 2 : KH. Marsudi Syuhud

Wakil Ketua Umum MUI 3 : Drs. H. Basri Bermanda, MBA.

Ketua MUI KH. Masduki Bidlowi
Ketua MUI Dr. Yusnar Yusuf Rangkuti
Ketua MUI Prof. Noor Achmad
Ketua MUI KH. Abdullah Jaidi
Ketua MUI KH. Afifuddin Muhajir
Ketua MUI KH. Dr. Sodikun
Ketua MUI Dr. Lukmanul Hakim
Ketua MUI KH. Sholahuddin Al Aiyubi
Ketua MUI Prof. Amany Lubis
Ketua MUI KH. Cholil Nafis
Ketua MUI Dr. Jeje Zainuddin
Ketua MUI Dr. Asrorun Niam Sholeh
Ketua MUI Dr. Sudarnoto Abdul Hakim
Ketua MUI Prof. Dr. Utang Ranuwijaya

Sekretaris Jenderal : Dr. Amirsyah Tambunan

Wakil Sekretaris Jenderal:
KH. Abdul Manan Ghani
Habib Hasan Bahar
Rofiqul Umam Ahmad
Azrul Tanjung
Asrori S. Karni
Ikhsan Abdullah
Arif Fahrudin
M. Ziyad
Isfah Abidal Aziz
Dr. Badriyah Fayumi
Drs. H. Pasni Rusli
Dr. Abdul Ghaffar Rozin
Prof. Dr. Valina Sinka Subekti
Dr. Fahrur Razi

Bendahara Umum
Misbahul Ulum

Wakil Bendahara

KH. Eman Suryaman
Dr. Rahmat Hidayat
Jojo Sutisna
Trisna Ningsih Julianti
Erni Juliana. (rht)

Comments

comments