Khawatir Partisipasi Pemilih Minim, Ini Strategi Gibran

Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa, pasangan calon Wali Kota Solo./Foto: Acuantoday.com (Seger)

Acuantoday.com, Solo―Gibran Rakabuming Raka, salah satu calon Wali Kota Solo mengaku khawatir minimnya warga yang bakal datang ke TPS saat pencoblosan 9 Desember mendatang.

Pasalnya, selama ini muncul opini di tengah masyarakat bahwa warga tidak perlu datang ke TPS karena pasangan nomor urut 1, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa, sudah pasti menang. 

Opini tersebut makin gencar tidak lama setelah debat perdana yang diadakan KPUD Solo 6 November lalu.

“Muncul opini yang mengatakan tidak perlu nyoblos, Gibran-Teguh sudah menang. Jangan seperti itu, mari kita ajak warga datang ke TPS,” tegas Gibran dalam keterangannya, seperti dilaporkan kontributor Acuantoday.com dari Solo, Jumat (4/12).

Namun begitu, putra sulung Presiden Joko Widodo itu optimis angka partisipasi 85 persen, seperti diditargetkannya bakal tercapai. 

“Tugas berat kita sekarang adalah meyakinkan masyarakat agar datang ke TPS untuk mencoblos. Saya inginnya angka partisipasi minimal 85 persen,” tutur Gibran. 

Gibran juga berharap pelaksanaan pilkada mendatang dapat berjalan aman dan lancar dan masyarakat antusias menyalurkan hak pilihnya.

Karena itu, Gibran mengimbau seluruh kadernya untuk lebih aktif menyakinkan masyarakat.

Menurut Gibran, dirinya tidak mempermasalahkan menang atau kalah dalam Pilkada serentak. 

Sebab, tegas dia, penentuan kemenangan ada di tangan masyarakat Solo.

“Ya saya bismillah saja nanti lihat bagaimana akhirnya. Santai saja. Kita sudah paparkan visi misi dan program ke masyarakat. Itu saja. Ya semoga saja nanti bisa diterima masyarakat Solo,” katanya. 

Dalam kontestasi tersebut, Gibran berpasangan dengan Teguh Prakosa. Sedangkan rivalnya Bagyo Wahyono dengan Supardjo diusung dari jalur perseorangan atau independen.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, menegaskan sudah melakukan langkah pencegahan tingginya angka golput di Pemilihan Wali Kota Solo 2020. 

Dikatakannya, kerap meyakinkan warga masyarakat yang memiliki hak pilih jika TPS akan aman dari penyebaran Covid-19.

“Kami tiap malam entah itu jagongan, entah konsolidasi kami meyakinkan masyarakat yang punya hak pilih bahwa TPS semuanya dalam kondisi aman,” kata FX Hadi.

Sehingga, tak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak datang ke TPS dan memberikan suara mereka bagi calon pemimpin Kota Solo tersebut. 

“Yang jelas supaya tidak golput, kami sampaikan datang TPS karena sudah disteril dan lainnya,” imbuh Wali Kota Solo tersebut. (seger)

Comments

comments