Kilang Minyak Balongan Terbakar, Dewan Ingatkan Ketersediaan Pasokan BMM

Konsumen Pertamina sedang membuka aplikasi MyPertamina setelah mengisi BBM di sebuah SPBU../Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin meminta PT Pertamina segera melakukan investigasi, dan memastikan ketersediaan stok keamanan Bahan Bakar Minyak (BBM) pasca terjadinya kebakaran hebat di kilang minyak PT Pertamina  Refinery Unit (RU) VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Senin dini hari tadi.

“Pertamina harus memastikan agar masyarakat tidak mengalami kelangakaan BBM, dan segera memfokuskan penyebab terjadinya kebakaran tersebut, apakah akibat kalalaian human error atau memang murni kesalahan secara tekhnis, bagaimana proses pengawasan yang dilakukan dan monitoring keamanan di lapangan,” Kata Azis Syamsuddin lewat keterangan persnya, Senin (29/3).

Selain investigasi dan stok BBM, politisi Partai Golkar ini berharap Pertamina memastikan keamanan masyarakat yang tinggal dekat wilayah kilang minyak tersebut. “Pertamina harus melihat dampak lingkungan yang terjadi terhadap masyarakat sekitar pasca ledakan, apakah berbahaya atau tidak,” ucapnya.

Azis Syamsuddin juga mengingatkan Pertamina, terkait dengan dampak kerusakan lingkungan yang terjadi usai ledakan kilang minyak Balongan terhadap keberlanjutan ekosistem di sekitar lingkungan.

“Jangan sampai ada bahan berbahaya dan beracun yang berdampak pada lingkungan sekitar yang dapat membahayakan keselamatan dan kehidupan masyarakat lingkungan sekitar” jelasnya.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak lima orang mengalami luka berat, 15 orang luka ringan, dan tiga orang hilang akibat tangki penyimpan bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mengalami kebakaran pada Senin (29/03) dini hari. (rht)

Comments

comments