Klaim Menkeu Atas Tugas APBN Tangani Dampak Pandemi

Jejeran mobil terparkir berlatar gedung yang sedang dibangun di Jakarta./Foto: Acuantoday.com (Ahmadi Supriyanto)

Acuantoday.com, Jakarta―Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengklaim Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) telah melakukan tugasnya dengan luar biasa dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19.

“APBN melakukan tugasnya luar biasa pada tahun ini tapi ini bukan episode terakhir karena masih panjang perjalanan kita,” kata Menkeu dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Jakarta, Selasa (10/11).

Sri Mulyani mengtakan, APBN merupakan instrumen sangat penting dalam mengeluarkan masyarakat Indonesia dari berbagai dampak pandemi mulai dari kesehatan, ekonomi, sosial, dan keuangan.

Meski demikian, Sri Mulyani mengatakan perjuangan pemerintah dan APBN dalam mendorong masyarakat keluar dari tekanan pandemi belum selesai karena masih ada beragam tantangan yang hadir ke depannya.

Ia menegaskan keuangan negara harus tetap dikelola secara baik dalam rangka mencapai berbagai cita-cita bangsa termasuk keluar dari krisis pandemi Covid-19 yang diperkirakan masih akan berlangsung pada tahun depan.

Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada jajaran Kementerian Keuangan untuk dapat menjadi pahlawan dalam mengelola keuangan negara agar cita-cita bangsa dapat tercapai.

Ia meminta jajaran Kemenkeu mengerahkan seluruh pemikiran, pengalaman, semangat, jiwa dan raga dalam melaksanakan kewenangannya untuk mengelola keuangan negara sebaik-baiknya.

“Menyiapkan Indonesia untuk bisa tidak hanya melawan namun mengendalikan dan menundukkan ancaman Covid-19,” tegasnya.

Sri Mulyani juga meminta agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh elemen bangsa terus bergotong royong mengawal efektivitas APBN sehingga Indonesia dapat keluar dari dampak yang ditimbulkan oleh pandemi.

“Jangan pernah lelah mencintai Republik Indonesia. Berikan yang terbaik untuk negara dan bangsa ini,” tegasnya. (ahm)

Comments

comments