KM Empat Bersaudara Tenggelam di Pulau Ende, Seorang Balita Tewas

Salah seorang penumpang berhasil diselamatkan tim SAR dalam kondisi lemas saat dievakuasi menuju Pulau Ende, Kabupaten Ende, Sabtu (3/4). (Antara Foto/HO- Basarnas Maumere)

Acuantoday.com, Kupang— Kapal Motor Empat Bersaudara yang ditumpangi 24 orang penumpang tenggelam dalam pelayaran dari Pulau Ende menuju Kampung Numba Basa Ende, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur Sabtu (3/4), menyebabkan seirang penumpang yang masih balita meninggal dunia.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, I Putu Sudayana ketika dihubungi, Sabtu, mengatakan peristiwa kecelakaan laut itu diketahui setelah adanya laporan dari Irmawati warga Ende pada pukul 12.30 Wita.

Ia mengatakan peristiwa tenggelamnya KM Empat Bersaudara itu berlokasi 2,29 mil laut dari Pelabuhan Pulau Ende, Pulau Flores.

I Putu Sudayana mengatakan, kapal Motor Empat Bersaudara diberangkatkan dari Pulau Ende pada pukul 11.15 Wita. Saat kapal bergerak ke Kampung Numba ditengah laut kapal naas tersebut diterpa ombak dengan ketinggian 1-2 meter, sehingga air laut memenuhi lambung kapal dan akan tenggelam sehingga seluruh penumpang langsung melompat menyelamatkan diri.

“Setelah menerima informasi adanya peristiwa tengelamnya KM Empat Bersaudara kami langsung melakukan koordinasi dengan potensi SAR lainnya di Kabupaten Ende dan Lanal Maumere,” tegasnya.

Dia mengatakan tim SAR di Kabupaten Ende terdiri anggota SAR Ende, Kepolisian, TNI AL serta para nelayan dengan menggunakan 20 unit perahu nelayan langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan upaya penyelamatan.

Ia mengatakan, operasi SAR berhasil menyelamatkan 23 orang penumpang dalam kondisi selamat, sedangkan satu penumpang yang masih balita ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. “Para penumpang yang selamat langsung dievakuasi tim SAR ke Puskesmas Ende di Pulau Ende, Kabupaten Ende untuk mendapat perawatan,” kata I Putu Sudayana.

Dia menambahkan para penumpang yang dirawat di Puskesmas Ende sebanyak enam orang dan 18 penumpang lainnya telah dijemput anggota keluarga korban.

I Putu Sudayana mengapresiasi kerja sama yang baik kepada seluruh Potensi SAR gabungan terutama Camat Pulau Ende beserta staf, Kapolsek Pulau Ende beserta staf dan Nelayan Pulau Ende yang aktif dalam operasi penyelamatan ditengah badai hujan deras dan angin kencang melanda daerah itu.***ket/ant

Comments

comments