Kominfo Perpanjang WFH, Karyawan Diminta Disiplin Terapkan 4M

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate./Foto: Kominfo

Acuantoday.com, Jakarta – Kementerian Informasi dan Komunikasi memutuskan untuk memperpanjang work from home (WFH) hingga 11 September 2020 mendatang.

“Sahabatku sekalian, saya ingin mengumumkan, penutupan Kantor Pusat Kominfo diperpanjang sampai tanggal 11 September 2020 ini. Dan, akan mulai bekerja lagi pada tanggal 14 September 2020. Selanjutnya, akan kita terus evaluasi keadaannya,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melalui siniar (podcast), Minggu (6/9).

Selama penutupan sementara kantor pusat, Menteri Kominfo akan berkantor di rumah dinas Widya Chandra dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Saya sendiri setiap hari tetap berkantor di rumah dinas Widya Chandra. Dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Dibantu oleh para staf yang juga disiplin melaksanakan protokol kesehatan Covid-19,” jelasnya.

Menurut Menteri Kominfo, pandemi Covid-19 bukan jadi halangan untuk menjalankan tugas dengan semangat. “Justru harus mendorong Kominfo semakin akseleratif dan produktif. 

Pada kesempatan itu, Menteri Kominfo mengingatkan selain protokol kesehatan, seluruh sivitas Kementerian Kominfo agar tetap menjaga semangat dan imunitas tubuh.

“Di atas semua itu mari jaga semangat dan jaga imunitas! Karena saat ini imunitas tubuh menjadi benteng pertahanan utama dari tubuh kita untuk melawan Covid-19,” ujarnya.

Sebelumnya, sejak tanggal 28 Agustus tahun 2020, Kantor Kominfo Pusat Jakarta sudah bekerja dari rumah demi memutus penularan Covid-19. 

Penerapan kebijakan itu diambil menyusul teridentifikasinya beberapa karyawan positif Covid-19. Sampai hari ini, tercatat sebanyak 49 karyawan Kementerian Kominfo positif Covid-19. Sebanyak 18 orang telah sembuh dan tidak ada yang dilaporkan meninggal. 

Menteri Johnny mengingatkan agar Covid-19 tidak boleh dianggap enteng. Karena itu, ia menekankan perlunya penerapan protokol kesehatan agar bisa dilaksanakan secara disiplin. Ia meminta kepada civitas lingkungan Kominfo untuk menerapkan pendekatan 4M.

Pertama, memakai masker dengan benar setiap keluar rumah. 

“Pastikan masker menutup area hidung, area mulut hingga. Hindari menyentuh bagian luar masker dan jangan turunkan masker masker ke dagu. Masker adalah senjata penting kita untuk melawan penularan Covid-19. Dan akan jauh lebih baik jika dibarengi dengan penggunaan face shield,” paparnya. 

Kedua, mencuci tangan dengan sabun secara teratur sebelum memegang area mata, area hidung dan mulut secara langsung. Termasuk ketika hendak mengganti dan memasang masker kembali.

Ketiga, menjaga jarak antara satu setengah meter hingga dua meter. Hindari pula sentuhan ketika berinteraksi dengan orang lain,” jelasnya.

Sedangkan M keempat adalah menjauhi kerumunan yang berpotensi menularkan Covid-19. (ahm)

Comments

comments