Komisi IX DPR Harap Menkes Baru Jawab Keraguan Publik

Pelantikan enam menteri baru dan lima orang Wakil Menteri serta Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12).(Foto : Biro Pemberitaan Serkretariat Negara)

Acuantoday.com, Jakarta- Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mengakui kerja mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto sudah lumayan bagus, namun keputusan pergantian posisi Menkes dari Terwan ke Budi Gunadi Sadikin (BGS) sepenuhnya adalah hak Presiden Joko Widodo.

“Bagi saya, pak Terawan itu sudah lumayan bagus. Walau begitu, beliau tetap diganti. Nah, kita semua berasumsi bahwa pak BGS pasti lebih bagus. Itu tantangan yang harus dibuktikan oleh BGS,” kata Saleh Daulay lewat keterangan tertulisnya, Rabu (23/12).

Dikatakan Saleh, masyarakat dipastikan akan menanti kerja Menkes baru dalam penanganan berbagai masalah kesehatan di Indonesia, terkhusus penanganan pandemi Covid-19.

“Masyarakat tentunya menunggu pelayanan kesehatan yang lebih baik. Semua berharap agar kita segera lepas dari kungkungan Covid-19. Dengan begitu, perekonomian kita lambat laun akan semakin membaik,” ujarnya.

Budi Gunadi Sadikin sendiri bukanlah orang yang lahir dari dunia kesehatan (Dokter-red) seperti Menkes-Menkes sebelumnya. Hal ini membuat publik sedikit meragukan kerjanya di dunia kesehatan.

“Kan banyak orang yang meragukan pak BGS. Sebetulnya keraguan itu beralasan. Sebab, BGS bukan dari kalangan dunia kesehatan. Ini agak berbeda dengan kebiasaan sebelum-sebelumnya dimana menkes selalu berasal dari profesional di bidang kedokteran,” ucapnya.

Untuk itu, mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini harus menjawab keraguan publik terhadap dirinya dalam penanganan Covid-19. “Keraguan itu harus dijawab oleh pak BGS. Pak BGS tentu sudah memahami bahwa tugas sebagai Menkes sangat berat. Terutama di masa pandemi covid-19 seperti saat ini,” tuturnya.

“Namun demikian, saya yakin, dengan pengalaman dalam memimpin berbagai lembaga yang pernah dilakoni sebelumnya, tugas meminpin Kemenkes akan dapat dijalankan dengan baik,” sambungnya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini yakin, Menkes baru ini mampu membawa Kemenkes lebih baik ke depan dengan berbagai pengalaman yang sudah digelutinya, terkhusus soal manajerial.

“Setidaknya, dari aspek manajerial, BGS tentu tidak diragukan. Tinggal bagaimana agar hal itu bisa diimplementasikan dalam memimpin kementerian kesehatan,” tutup Saleh. (rht)

Comments

comments