Komisi IX DPR Minta Menkes Budi Sadikin Jawab Keraguan Publik

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Foto : Biro Sekretariat Negara)

Acuantoday.com, Jakarta- Keputusan Presiden Joko Widodo alias Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) mengejutkan publik. Pasalnya, Budi Sadikin bukanlah orang yang lahir dari dunia kesehatan, melainkan seorang bankir.

“Banyak orang yang meragukan Pak Budi Gunadi Sadikin. Sebetulnya keraguan itu beralasan. Sebab, Budi Sadikin bukan dari kalangan dunia kesehatan,” kata Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Jumat (25/12).

Keputusan Jokowi menunjuk orang yang bukan dari dunia kesehatan menduduki kursi Menkes baru pernah terjadi, hingga perlu ada pembuktian kepada publik karena tugas Menkes saat ini sangat berat dengan adanya pandemi Covid-19.

“Ini agak berbeda dengan kebiasaan sebelum-sebelumnya dimana menkes selalu berasal dari profesional di bidang kedokteran. Keraguan itu harus dijawab oleh Pak Budi yang tentu sudah memahami bahwa tugas sebagai Menkes sangat berat. Terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini,” ucap Saleh yang juga Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI.

Buat politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, mantan Menkes Terawan Agus Putranto sangat baik, meski kemudian diganti oleh Budi Sadikin. Olehnya itu, Menkes yang baru harus lebih baik dari Menkes sebelumnya.

“Bagi saya, Pak Terawan itu sudah lumayan bagus. Walau begitu, beliau tetap diganti. Nah, kita semua berasumsi bahwa Pak Budi Sadikin pasti lebih bagus. Itu tantangan yang harus dibuktikan oleh Budi Sadikin,” jelasnya. (rht)

Comments

comments