Komisi IX Sebut Permintaan Jokowi untuk Jalankan ‘Mikro Lockdown’ Langkah Bagus

Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo/foto: dpr.go.i

Acuantoday.com, Jakarta – Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengakui, langkah Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang meminta Pemerintah Daerah (Pemda) menerapkan ‘mikro lockdown’ atau PPKM dalam skala mikro mencakup lingkup kampung, desa, RW, atau RT sangat bagus.

“Apa yang disampaikan Presiden soal PPKM skala mikro ini langkah yang bagus,” kata Rahmad saat dihubungi, Kamis (11/2).

Menurut Rahmad, permintaan Presiden Jokowi ini tinggal dilanjuti dengan serius oleh Pemda dan masyarakat. “Tinggal yang dibutuhkan adalah komitmen semua pihak yakni pemerintah daerah dan masyarakat untuk menyukseskan program ini,” ujarnya.

Politikus PDIP ini juga meminta ketegasan Pemda dalam penerapan, serta pelaksanaan ‘mikro lockdown’ di lapangan untuk menegakan wilayah yang telah dinyatakan karantina skala mikro.

“Apalagi konsep pemerintah yang disampaikan oleh Menkes dalam rapat kerja minggu kemarin, dengan melakukan tracing massal baik menggunakan PCR dan rapid anti gen dengan target 25 juta penduduk ini pasti sangat membantu menekan kasus Covid-19,” jelasnya.

Lebih jauh Rahmad, konsep ‘mikro lockdwon’ sudah terbukti di negara lain bisa menekan angka penyebaran Covid-19. Salah satunya di India yang terbukti efektif menekan angka Covid, meski saat pelaksanaannya banyak yang akan terdeteksi orang yang terpapar virus corona.

“Tapi semakin banyak dan diketahui yang positif, maka akan mudah untuk penangananya. Jika tidak parah bisa langsung di isolasi mandiri,” ungkapnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo meminta Pemda untuk menerapkan “mikro lockdown” atau PPKM dalam skala mikro mencakup lingkup kampung, desa, RW, atau RT. (rht)

Comments

comments