Komjen Listyo Terima Wejangan Para Mantan Kapolri

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kedua kiri) saat bersilaturahmi ke kediaman mantan Kapolri Jenderal (Purn) Sutarman (kedua kanan), Sabtu. (Foto : Humas Polri)

Acuantoday.com, Jakarta- Komjen Listyo Sigit Prabowo mulai sowan ke beberapa mantan Kapolri, untuk meminta restu dan wejangan, sebelum dirinya menghadapi uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI yang diagendakan berlangsung Rabu (20/1).

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan agenda silaturahmi oleh Listyo ini tidak lebih dari hanya sekadar tradisi dan bentuk penghormatan kepada pendahulu yang telah berjasa membentuk organisasi Kepolisian sebelum nantinya melanjutkan kepemimpinan di Korps Bhayangkara.

“Sebagai anak dan bapak, Pak Sigit meminta dukungan dan wejangan sekaligus silaturahmi kepada mantan Kapolri,” kata Argo dalam keterangan tertulis, Minggu (17/1).

Listyo sudah menemui Jenderal (Purn) Badrodin Haiti (2015-2016), Jenderal (Purn) Sutarman, Kapolri periode 2013-2015. Kemudian bertemu Jenderal (Purn) Timur Pradopo (Kapolri 2010-2013), Jenderal (Purn) Roesdihardjo (periode 2000) hingga Jenderal (Purn) Roesman Hadi (1998-2000).

Dalam pertemuan itu, ujar Argo, para mantan Kapolri tersebut, menitip pesan ke Listyo untuk tetap menjaga soliditas internal, baik dengan senior maupun junior. Menurutnya, Listyo pun diingatkan bahwa mengemban tugas sebagai Kapolri merupakan amanah dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan secara baik.

“Pesan para senior agar Polri harus dipercaya oleh masyarakat dengan begitu dalam setiap melakukan tugasnya Polri mendapat dukungan,” tutur Argo.

Listyo resmi direkomendasikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon tunggal Kapolri pengganti Idham Azis ke DPR pada Rabu (13/1) lalu. Posisinya kini masih menjabat Kabareskrim Polri. Rekam jejaknya, utamanya yang berkaitan relasi ddngan Jokowi, ialah sempat menjadi Kapolresta Surakarta saat Jokowi menjabat wali kota di sana. Kemudian makin erat, ketika Jokowi mengangkat Listyo sebagai ajudan pribadinya. (rwo)

Comments

comments