Kosambi dan Cihapit Jadi Percontohan Pasar Bebas Plastik di Bandung

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Foto : Dila/Acuantoday.com)

Acuantoday.com, Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai menerapkan pasar bebas plastik. Sebagai percontohan kebijakan ini berlaku di Kosambi dan Cihapit.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menilai program pasar bebas plastik dan ramah lingkungan merupakan upaya Pemkot Bandung dalam menekan produksi sampah.

“Kita harap ini jadi kebiasaan warga untuk tidak menggunakan plastik lagi. Karena jadi jauh lebih ekonomis dengan tas yang bisa dipakai berulang,” ungkap Yana Mulyana.

Yana menyebut Pemkot sudah memiliki Peraturan Wali Kota tentang pengurangan penggunaan kantong Plastik. Sehingga, program pasar bebas plastik langkah konkret untuk menekan timbunan sampah.

“Alternatifnya banyak dari bahan ramah lingkungan atau pakai totebag atau goodie bag yang bisa dipakai berulang sebagai pengganti kantong plastik,” tutur Yana.

Pada kesempatan tersebut, Yana turut mengucapan terima kasih kepada sejumlah pengusaha yang mendukung program pengurangan plastik di Kota Bandung.

“Nanti akan dirumuskan siapa yang dikasih insentif dan siapa yang dikasih disentif. Karena untuk rangsangan ajakan ini orang juga harus dikasih reward,” ujar Yana. (dila)

Comments

comments