Kota Bandung belum Terbebas dari Persoalan Sanitasi

Ketua Forum Bandung Sehat (FBS) Siti Muntamah

Acuantoday.com, Bandung – Walau memiliki predikat sebagai salah satu kota besar metropolitan, justru Kota Bandung belum sepenuhnya bebas dari persoalan sanitasi.

Dari total 151 kelurahan di Kota Bandung terdapat beberapa titik yang masih perlu mendapatkan perhatian khusus seperti sistem pembuangan air besar April 2021 ini.

Ketua Forum Bandung Sehat (FBS) Siti Muntamah menyebut persoalan sanitasi ini terungkap setelah tim meninjau ke lapangan dari 23 hingga 28 Maret 2021 lalu.”Dari rechecking melihat saluran air, dan inovasi kewilayahan, terdapat 24 kelurahan yang berpotensi Open Defecation Free (ODF) pada akhir April 2021,” kata Siti, Sabtu (3/4).

Lebih lanjut, Siti menambahkan selain 24 kelurahan yang berpotensi ODF ada juga 50 kelurahan lainnya yang juga perlu dicarikan solusi agar pelaksanaan percepatan ODF.”Makanya menangani sanitasi ini harus ada komitmen bersama dari semua elemen dari tingkat rumah tangga, RT, RW, kelurahan, lalu kecamatan, hingga Pemkot,” ungkap Siti.

Siti mengungkapkan, permasalahan utama yang dihadapi Kota Bandung mewujudkan ODF atau bebas BAB sembarangan pada tahun 2021 memang begitu cukup komplek.”Terutama terkait dengan ketersediaan lahan yang minim dan akses jalan yang sempit. Selain itu, kontur yang berbukit dan juga hunian di bantaran aliran sungai,” tuturnya.

Hal ini, lanjut Siti Muntamah, menjadi sulitnya membangun septictank komunal atau lokasi pembuangan BAB untuk menyambungkan ke saluran yang kini ada.”BAB sembarangan itu bukan berarti tidak punya jamban. Tapi saluran akhir dari jamban itu belum dibuang ke septictank melainkan ke selokan atau sungai,” katanya.

Jumlah kelurahan ODF atau bebas BAB sembarangan baru 17 dari 151 kelurahan sehingga untuk mencapai minimum 60% kelurahan ODF butuh 74 kelurahan yang lain. (dila)

Comments

comments