Kota Bandung Masuk 50 Besar Smart City Dunia Versi Eden Strategy Institute

Wali Kota Bandung Oded M Danial

Acuantoday.com, Bandung – Kabar gembira bagi warga Kota Bandung. Daerah yang di kenal sebagai Kota Kembang masuk dalam 50 besar kota pintar (smart city) di dunia.

Penilaian itu diketahui sesuai rilis kepada Pemkot Bandung hasil studi dari Eden Strategy Institute sebuah firma konsultan strategi yang berkantor di negara Singapura. Kota Bandung menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang masuk 50 besar. Bandung menempati peringkat 28 diapit oleh Kota Oslo, Swedia dan Kota Hangzhou, China.

Sebagai informasi, Eden Strategy Institute adalah sebuah firma atau lembaga yang mengkhususkan diri dalam inovasi sistem bisnis berkelanjutan dari negara Singapura.

Wali Kota Bandung Oded M Danial menyebut bila predikat ini merupakan hasil komitmen Pemkot Bandung mewujudkan smart city dengan berada di jalur yang memang tepat. “Ini juga kebanggaan dan bisa menjadi motivasi agar konsistensi upaya ini bisa terjaga dan bahkan harus terus ditingkatkan,” kata Oded kepada wartawan, Rabu (31/3).

Terlebih, lanjut dia, dalam penghargaan yang diraih ini Kota Bandung dikatakan berada di kumpulan kota-kota besar dunia seperti Seoul, London, Barcelona, dan Helsinki. “Makanya implementasi konsep smart city tetap menjadi bagian penting sebagai salah satu motor pembangunan di Kota Bandun dalam memberikan pelayanan,” tuturnya.

Menurut Oded, konsep smart city juga diaplikasikan secara maksimal oleh Pemkot Bandung dalam menangani pandemi Covid-19. Termasuk upaya pemulihan ekonomi.”Implementasi smart city ini akan terus saya dorong, meski pun saat ini kita konsen menangani Covid-19. Namun, justru akan kita optimalkan konsep ini,” tandasnya. (dila)

Comments

comments