Kota Bandung Terjunkan Tim Khusus Atasi PMKS

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Bandung Dadang Aziz./Foto: Acuangtoday.com (dila)

Acuantoday.com, Bandung―Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung menyiagakan tim khusus untuk menertibkan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Bandung Dadang Aziz mengatakan para tim khusus itu disiapkan karena selama Ramadan PMKS selalu saja bermunculan.

“Jumlahnya kami prediksi meningkat pada Ramadan ini. Terlebih kini muncul tren baru pemicu bertambahnya PMKS,” kata Dadang Aziz dalam keterangannya, Rabu (14/4).

Dadang mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk bisa bekerja sama dengan tim dari Unit Social Respon (USR) guna menyasar sejumlah lokasi seperti di seperti tempat ibadah, tempat perbelanjaan, dan di persimpangan jalan.

“Saat Ramadan dan lebaran, kami sudah memetakan mungkin awalnya dari masjid-masjid. Karena kebanyakan di pelataran. Semoga USR bisa mengatasinya,” katanya.

Guna memudahkan penjangkauan, Dadang menyatakan pihaknya dari Dinsos Kota Bandung sudah membuat pemetaan potensi rawan timbulnya PMKS selama Ramadan ini.

“Area potensi PMKS ini diklasifikasikan ke dalam tiga zona yaitu zona merah, kuning dan hijau. Kalau merah itu rawan. Kuning masih bisa diatasi. Hijau itu lebih tidak mengganggu pengguna jalan,” bebernya.

Mengingat masih pandemi, Dadang menyebut penanganan PMKS fokus pada penghalauan. Terlebih, mayoritas PMKS baik gelandang atau pengemis berasal dari luar Bandung.

“Lebih banyak dihalau dan tidak dibawa ke dinsos. Karena berkaitan pandemi harus berhari-hati. Kalau dari pendataan terakhir, kebanyakan itu dari luar,” tegas Dadang. (dila)

Comments

comments