KPK Klaim Berhasil Tindak 109 Koruptor dan Selamatkan Uang Negara Rp440,6 Miliar

Ketua KPK Firli Bahuri./Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepanjang tahun 2020 mengklaim berhasil menindak 109 koruptor dan menyelamatkan uang negara sebesar Rp440,6 miliar (uang dan benda sitaan).

Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan, untuk capaian penanganan dan pemantauan, pihaknya sudah melakukan evaluasi yang hasilnya sudah disampaikan kepada pemerintah.

“Capaian penanganan dan monitoring. Kami melakukan 29 kajian dan 65 rekomendasi. Semuanya kami sampaikan kepada pemerintah dan kementerian terkait,” kata Firli di Jakarta, Rabu (10/3).

Adapun capaian di bidang penindakan, jelas Firli, KPK memahami, keinginan masyarakat bahwa Indonesia harus bersih dari korupsi, karenanya selain melakukan pendekatan pencegahan, KPK tetap melakukan penindakan.

“Tahun 2020 KPK melakukan tindakan tegas terhadap 109 pelaku korupsi,” ujarnya.

Mantan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan itu mengklaim, dari penindakan terhadap 109 koruptor, KPK berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp293,9 miliar, dengan nilai benda sitaan sebesar Rp146,7 miliar.

“KPK menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp293,9 miliar. Dan pendapatan negara serta sitaan dan rampasan dengan status penggunaan Rp146,7 miliar,” pungkasnya. (mmu)

Comments

comments