KPK Periksa 6 Saksi Kasus Fredy Yuman, Sosok yang Sembunyikan Nurhadi

Lobi Gedung KPK Jakarta.?Foto: Acuantoday.com (Ali)

Acuantoday.com, Jakarta―Plt Juru Bicara KPK menjelaskan, selama buron, mantan sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi disembunyikan di sebuah rumah sewaan oleh pria bernama Fredy Yuman (FY).

Fredy, jelas Ali, merupakan sopir dari Rezky Herbiyono, sedangkan Rezky adalah menantu Nurhadi dan FY ikut berperan menghalangi penyidikan KPK.

“Jadi 6 orang ini diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Fredy Yuman (FY). Sosok yang melindungi dan menghalangi penangkapan Nurhadi,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Senin (8/2).

Keenam saksi yang akan diperiksa itu, papar Ali, antara lain dua orang karyawan swasta, pria bernama Gunawan dan Erwin, dua orang kasir di PT Sly Danamas Money Changer, Lily dan Sarofah.

Seperti diketahui, FY berperan sebagai penyewa rumah persembunyian Nurhadi dan keluarganya di Jalan Simprug Golf 17 Suites 1 Kebayoran Lama Jakarta Selatan selama berstatus buronan KPK. FY ditugaskan melindungi dan menyembunyikan Nurhadi.

Pada Juni 2020, tim penyidik KPK yang telah memantau sebelumnya datang ke rumah tersebut guna menangkap Nurhadi dan Rezky. Para buron akhirnya dibawa lari oleh FY dengan mobil yang diduga memakai pelat nomor palsu.

Atas perbuatannya menghalangi penegakkan hukum dan melindungi buronan, Ferdy disangkakan melanggar pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (mmu)

Comments

comments