KPK Tegaskan Tidak Melempem Tangani Perkara Korupsi Bansos

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Minggu (6/12/2020) terkait penahanan Menteri Sosial, Juliari Batubara. ANTARA/HO-Humas KPK

Acuantoday.com, Jakarta- Dituduh melempem menangani kasus korupsi bansos yang melibatkan kader PDIP, Juliari Batubara dan Ihsan Yunus, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak ada penghentian penyidikan terkait penanganan kasus Bansos Kemensos yang kini digugat Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) itu.

“Jadi, kami tegaskan sama sekali tidak ada penghentian penyidikan untuk penanganan perkara dimaksud,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri di Jakarta, Jumat (19/2/2021).

Ali menjelaskan, kasus yang telah menjadikan eks Menteri Sosial RI Juliari Batubara tersangka itu kini masih terus didalami dan dilengkapi berkasnya untuk dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

“Perlu juga kami sampaikan bahwa proses penyidikan saat ini masih terus dilakukan antara lain dengan melakukan pemanggilan saksi untuk melengkapi pembuktian unsur pasal dalam berkas perkara,” pungkasnya.

Sebelumnya, Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menggugat Praperadilan KPK ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan karena dianggap tidak menjalankan 20 izin penggeledahan yang diizinkan Dewan Pengawas KPK.

Menurut MAKI, KPK juga lambat memeriksa Politikus PDIP Ihsan Yunus, sehingga kasus korupsi Bansos terkesan mandek atau jalan di tempat. (Mmu)

Comments

comments