KPU Akui Beban Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 Sangat Berat

Ilustrasi-Kampanye Pemilihan Umum./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Jakarta- Pelaksana tugas (Plt) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengungkapkan penyelenggaraan Pilkada serentak pada 2024 akan sangat berat

“Kita juga harus siap dengan pelaksanaan penyelenggaraan pilkada di 2024. Tentu akan sangat berat bagi kita jika kemudian pelaksanaan Pilkada itu dilaksanakan pada 2024,” kata Ilham Saputra di Jakarta, Selasa (2/2).

Menurut Ilham Saputra, pelaksanaan Pilkada serentak yang berbarengan dengan Pemilu nasional pada 2024 sangat berat, karena semua tenaga akan dikerahkan ke sana. Hal ini tidak terlepas dari Pemilu 2019, dimana banyak penyelenggara Pemilu yang kehilangan nyawa akibat dari kelelahan saat Pemilu.

“Pengalaman kita kemarin pada Pemilu 2019 tentu menjadi catatan banyak sekali formulir C1 yang tidak selesai di tingkat KPPS, ada petugas kita yang kemudian kecapaian kelelahan yang berimplikasi kepada hilangnya jiwa mereka,” ucapnya.

Dijelaskan pengganti Arief Budiman ini, pengalaman Pemilu 2019 harus menjadi pembelajaran bersama, terutama menyangkut tahapan sosialisasi agar masyarakat tidak jenuh nantinya, jika disuguhi Pilkada dan Pemilu nasional di tahun yang sama.

“Tentu ini menjadi tantangan bagi kita semua sebagai penyelenggara Pemilu, bagaimana kemudian apalagi nanti saya tidak tahu kita kapan selesai pandemik ini, kita harus siap,” jelasnya.

“Apakah masyarakat tidak jenuh, bagaimana saat ini kita menghadapi masyarakat, kalau memang jenuh bagaimana, nah tentu ini menjadi catatan kita bersama,” sambungnya.

Sampai saat ini, kata Ilham, Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu dan Undang-Undang (UU) Pilkada masih menjadi pembahasan di Badan Legislasi (Baleg) DPR.

“KPU sebagai penyelenggara Pemilu tentu saja kita menunggu keputusan politik atau hukum terkait UU tersebut apakah Pilkada diselenggarakan pada 2022 atau 2024,” tutupnya. (rht)

Comments

comments