KPU Siapkan TPS Khusus bagi Warga Gejala Covid 19

Dua calon bupati dan calon wakil bupati Yalimo saat debat kandidat. (ANTARA/HO/Humas Polres Yalimo)

Acuantoday.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) khusus bagi warga yang memiliki gejala reaktif virus Covid 19.

Komisioner KPU Yalimo Zeth Kambu melalui sambungan telepon, Sabtu, mengatakan penyelenggara tingkat bawah wajib melakukan pengukuran suhu tubuh bagi setiap warga yang datang ke TPS untuk menyalurkan hak politik. “Pada saat itu kalau ada warga yang suhunya lebih dari 37 derajat ke atas maka kami pisahkan untuk dia memilih sendiri. Di setiap TPS akan dilakukan seperti itu,” katanya.

Ia mengatakan sudah menjadi instruksi pimpinan untuk pihaknya menerapkan protokol pencegahan Covid 19. “Pada hari pencoblosan, itu kita siapkan masker, pencuci tangan, menjaga jarak termasuk memeriksa suhu,” katanya.

Menurut dia, jumlah tempat pemungutan suara yang terdata untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Yalimo 9 Desember mendatang adalah sebanyak 280. “TPS ini tersebar di lima distrik,” katanya.

Zeth juga memastikan berbagai tahapan dalam rangka pemilihan kepala daerah di sana telah berjalan dengan baik dan lancar.***nin/ant

Comments

comments