Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kroasia Awali dengan Kemenangan

Gelandang serang tim nasional Kroasia Mario Pasalic (kiri) melakukan selebrasi bersama Josip Brekalo seusai mencetak gol ke gawang Siprus dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup H di Stadion HNK Rijeka, Rijeka, Kroasia, Sabtu (27/3/2021) waktu setempat. (Foto : Reuters)

Acuantoday.com, Rijeka- Tim nasional Kroasia memetik kemenangan pertama mereka dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa saat membekuk tim tamu Siprus 1-0 untuk laga kedua Grup H di Stadion HNK Rijeka, Sabtu waktu setempat atau Minggu (28/3/2021) WIB.

Gol semata wayang yang dicetak Mario Pasalic lima menit jelang turun minum menyokong kemenangan Kroasia, yang tampil relatif kurang efisien kendati menguasai hampir 69 persen penguasaan bola sepanjang laga.

Kroasia naik ke urutan ketiga klasemen sementara Grup H dengan raihan tiga poin, melompati Siprus (1) yang turun ke posisi kelima, demikian catatan laman resmi UEFA.

Tim besutan Zlatko Dalic berusaha menekan tamunya sejak awal laga tetapi dua percobaan Pasalic masih melenceng sedangkan tembakan Josip Brekalo belum mampu melewati halauan barisan pertahanan Siprus.

Pada menit ke-39, Siprus dipaksa melakukan pergantian kiper setelah Demetris Demetriou cedera dan harus meninggalkan lapangan digantikan Nepohytos Michael.

Ironisnya, kedatangan Michael disambut dengan cara terburuk oleh bek Constanicos Soteriou yang berusaha mengirim umpan sundulan balik ke arahnya tetapi Pasalic berada di posisi yang tepat untuk menanduk bola dan membawa Kroasia memimpin 1-0 atas Siprus.

Michael bereaksi lebih baik pada injury time babak pertama demi menghentikan tandukan Ivan Perisic, sebaliknya Soteriou yang berusaha membayar kesalahan mendapati sundulannya mudah diamankan oleh kiper Dominik Livakovic.

Kroasia berusaha melebarkan marjin keunggulan mereka pada babak kedua lewat sedikitnya enam percobaan tembakan, tetapi tak satu pun membuahkan hasil dan skor 1-0 bertahan hingga bubaran.

Dalam pertandingan Grup H lainnya yang berlangsung lebih larut Slowakia harus berjibaku mengimbangi Malta 2-2 di City Arena Trnava.

Luke Gambin dan Alexander Satariano sempat membawa Malta memimpin lebih dulu dalam 20 menit pertama, beruntung bagi Slowakia dua gol David Strelec dan Milan Skriniar pada awal babak kedua mampu mengamankan satu poin.

Pertandingan Grup H selanjutnya dijadwalkan berlangsung pada Selasa (30/3) saat Siprus menjamu Slovenia, Kroasia menghadapi Latvia dan Slowakia melawan Rusia.(har)

Comments

comments