Kualitas Demokrasi di Era Pemerintahan Jokowi Alami Penurunan

Serikat buruh dan mahasiswa menggelar aksi demonstrasi dengan memanfaatkan peringatan hari Sumpah Pemuda di kawasan Sialng Monas dan Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (28/10)./Foto : Rahmat (Acuantoday.com)

Acuantoday.com, Jakarta- Pakar Hukum Tata Negara Universitas Airlangga, Herlambang P Wiratraman menyebut kualitas demokrasi Indonesia di masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo menurun.

Peraih doktor dari Universitas Leiden Belanda itu menilai, berkurangnya kebebasan berekspresi secara umum akhirnya juga mempengaruhi kebebasan di kampus dan di dunia penelitian sains.

“Kebebasan bekspresi makin dilumpuhkan termasuk kebebasan akademik dan di dunia sains,” kata Herlambang dalam keterangan persnya, Minggu (25/4/2021).

Mantan ketua Pusat Studi Hak Asasi Manusia (HAM) Unair itu mengutip 10 penelitian artikel dalam jurnal dunia yang menyebutkan bahwa kondisi demokrasi di Indonesia sudah menurun.

Selain itu, jelas Herlambang, kondisi Indonesia hari ini seperti apa yang disebut peneliti luar negeri sebagai The Dangers of Democratic Regression atau demokrasi regresi.

“Memang ke arah otoriter nih situasinya. Ini menurun terus trennya,” bebernya. (Mmu)

Comments

comments