Kuasa Hukum Tolak Rizieq Disebut Mangkir

Azis Yanuar selaku Kuasa hukum Muhammad Rizieq Shihab di Mapolda Metro Jaya. (Foto : Rohman/Acuantoday.com)

Acuantoday.com, Jakarta- Kuasa hukum Rizieq Shihab ogah publik menganggap pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu mangkir dari pemeriksaan kasus pelanggaran protokol kesehatan, yang mestinya dihadiri Selasa (1/12) pagi.

Alasan kesehatan yang jadi penyebab Rizieq absen pemeriksaan disebut tak patut sebagai suatu sikap mangkir.

“Beliau tidak mangkir, tapi beliau hadir diwakili oleh tim kuasa hukum menyampaikan alasanya tidak dapat memenuhi panggilan untuk pemeriksaan yang dimaksud dengan alasan sedang masih beristirahat,” kata Aziz Yanuar selaku kuasa hukum Rizieq di Mapolda Metro Jaya, Selasa.

Aziz mengaku Rizieq butuh waktu istirahat lebih pasca dirawat di Rumah Sakit Ummi, Kota Bogor pada pekan lalu. Penyidik disebutnya menghargai alasan itu karena beranggapan kondisi Rizieq tak memungkinkan diperiksa.

“Alhamdulillah pihak penyidik sangat mengerti dengan alasan kemanusiaan dan menghargai kesehatan pribadi Habib Rizieq untuk pemulihan kesehatannya dengan berisitirahat,” kata Aziz.

Polisi sendiri berencana melayangkan surat pemanggilan kedua untuk Rizieq pada Kamis (3/12) mendatang. Ia akan diperiksa sebagai saksi berdasar sangkaan pasal berlapis, menyusul temuan pidana dalam hajat kawin putrinya yang belangsung pada pertengan November lalu itu.

Rizieq bakal dicecar pertanyaan sesuai sangkaan pasal, pertama Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 160 KUHP serta Pasal 216. (rwo)

Comments

comments