Kuliner Betawi yang Terpuruk di Tanah Sendiri

Soto Tangkar--sumber gambar sajian sedap youtube

Acuantoday.com— Meski mengaku tinggal di Jakarta puluhan tahun atau bahkan lahir dan besar hingga tua di Jakarta, belum tentu tahu ragam kuliner Betawi. Paling yang diingat hanya Gado-gado, Soto Betawi atau Kerak Telor, Bir Peletok dan beberapa kuliner Betawi yang masih eksis. Padahal sesungguhnya ragam kuliner Betawi begitu banyak.

Gulai kebo, sayur besan, gabus pucung, pernah dengar?  Itu beberapa di antara ragam kuliner Betawi yang terasa asing di telinga kita juga sulit dicari  Jakarta. Soto Tangkar masih bisa kita dapat di Jakarta, meski tidak banyak. Salah satu tempat Soto Tangkar yang enak ada di Tanah Tinggi Barat, Jakarta Pusat.

Alm Bondan Winarno, pengamat kuliner Indonesia, semasa hidupnya pernah melakukan riset terhadap makanan Betawi. Hasilnya cukup mengejutkan. Menurutnya telah terjadi marginalisasi terhadap kuliner Betawi. Dan ini sudah berlangsung lama, namun tidak ada yang menyadarinya.

Bir pletok– foto youtube hayy channel

Hasil riset itu kemudian dibukukan Bondan dalam ‘100 Kuliner Mak Nyus Jakarta’. Isi buku itu cukup lengkap, karena selain ada ragam kuliner Betawi, plus resepnya,  juga ada sejarah beberapa makanan Betawi. Nah lebih penting lagi adalah, adanya petujuk lokasi dimana bisa menemukan makanan itu.

Sekarang ini hanya sedikit sekali kuliner Betawi yang masih  eksis di Jakarta. Gulai kebo yang dulu begitu popular di bilangan Palmerah, Jakarta, sekarang tidak pernah terdengar lagi. Sementara makanan lainnya—itupun hanya beberapa—bisa ditemukan di daerah-daerah pinggiran.

Sayur besan–sumber gambar cookpad.com

Di Kawasan Parung Pondok Cabe, Tangerang Selatan, misalnya, kita bisa menemukan makanan khas Betawi mirip persilangan antara gulai dan semur kambing. Sayur besan yang legit juga hanya bisa ditemukan di Pondok Cabe.

Begitu pun pecak gurame dan gabus pucung bisa dijumlai di Ragunan, Jagakarsa, Srengseng sawah. Laksa Betawi yang gurih bisa ditemukan di sebuah gang kecil di bilang Kebayoran Lama.***dian

Comments

comments