Kulonprogo Ikuti Program Petani Milenial ke Jepang

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulonprogo Aris Nugroho.

Acuantoday.com, Yogyakarta – Pemerintahan Presiden RI Joko Widodo sedang menggalakan semangat bertani bagi kaum milenial. Hal ini mengingat regenerasi petani di Indonesia terus menurun lantaran generasi muda di daerah lebih suka bekerja di kota, selain makin banyaknya pengangguran apa lagi masa pandemi Covid-19.

Guna mengatasi masalah ini, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten, mengadakan program magang petani milenial ke Jepang.

Salah satu kabupaten yang siap menyambut program ini, adalah Kulonprogo. Sejumlah petani milenial di wilayahnya mengikuti serangkaian seleksi untuk mengikuti program magang ke Jepang.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo Aris Nugroho menjelaskan, dengan adanya petani milenial ini nantinya akan bisa meningkatkan pendapatan petani dari sisi efisiensi produksi. Serta peningkatan pemanfaatan teknologi baik secara budidaya, pengolahan hingga pemasaran dengan menggunakan IT.

Terlebih ia menilai program ini sangat strategis karena sebagian petani di Kulonprogo kebanyakan sudah berusia lanjut. Serta momennya cukup tepat, dikarenakan saat ini banyak tenaga kerja di sektor lain yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat dari pandemi Covid-19.

Namun di sisi lain, sektor pertanian masih cukup menjanjikan. Dengan demikian, pihaknya telah melakukan beberapa seleksi di tingkat kabupaten diantaranya seleksi administrasi, teknis dan terakhir seleksi fisik.

“Kami sudah menyeleksi enam petani milenial diantaranya dari Samigaluh, Galur, Sentolo, Panjatan, Wates dan Girimulyo. Dari enam itu, Alhamdulillah ada empat yang masih bertahan sampai seleksi terakhir yakni fisik. Tapi saya juga belum tahu dari keempat petani milineal itu yang lolos seleksi fisik berapa karena belum mendapatkan informasi terakhir,” katanya, Rabu (17/3/2021).

Kendati belum mendapatkan informasi, ia berharap keempat petani milineal itu bisa lolos seleksi terakhir dan bisa dikirim magang ke Jepang. Sehingga nantinya, setelah pulang dari magang mereka mendapatkan pengalaman dan menularkannya kepada para petani yang lain.

Diperkirakan petani milenial yang lolos seleksi terakhir akan dikirim magang ke Jepang pada tahun ini. “Karena program ini dari Kementan. Tapi diperkirakan segera dikirim tahun ini. Yang jelas program magang petani milineal ini termasuk program tahun ini,” ujarnya. (Chaidir)

Comments

comments