Laksanakan Vaksinasi Lansia, RS Al-Islam Bandung Siapkan Nakes Khusus

Direktur Rumah Sakit Al-Islam Bandung Muhammad Iqbal saat diwawancara para wartawan./Foto: Antara

Acuantoday.com, Bandung―Pemerintah Kota Bandung menetapkan 185 pos layanan untuk pelaksanaan vaksinasi bagi lansia. Salah satunya Rumah Sakit Al-Islam Bandung di Jalan Soekarno-Hatta.

Direktur Rumah Sakit Al-Islam Muhammad Iqbal mengatakan, pihaknya sejak awal telah mempersiapan berbagai hal teknis untuk menyukseskan vaksinasi bagi para lansia.

“Kami sudah punya pengalaman karena sempat ditunjuk (Pemkot Bandung) dalam program vaksinasi para tenaga medis,” kata Iqbal saat dikonfirmasi, Sabtu (27/2).

Rumah Sakit Al-Islam, lanjut Iqbal, sudah menyiapkan tenaga kesehatan (nakes) khusus saat melaksanakan vaksinasi lansia yang ditarget tuntas hingga Juni mendatang.

“Saat vaksinasi tenaga medis kami mampu melayani 60 orang sehari. Mungkin untuk lansia perbedaannya dalam verifikasi data dan screening kesehatan saja,” katanya.

Mengingat para penerima vaksin ini berusia lanjut, tambah Iqbal, pihak rumah sakit tinggal menyesuaikan beberapa tahapan screening yang bisa jadi akan lebih lama.

“Tahapannya nanti lansia yang sudah dihubungi tinggal datang kemudian mereka discreening. Lansia harus menunggu kurang lebih 30 menit untuk observasi,” tuturnya.

Jika tidak memiliki keluhan, kata Iqbal, para lansia akan menjalani vaksin dan diberikan kartu vaksin lalu dalam 28 hari akan kembali mendapatkan jadwal vaksinasi lanjutan. (dila)

Comments

comments