Lantunan Sholawat Asyghil dari AHY, Ini Artinya

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto : Partai Demokrat)

Acuantoday.com, Jakarta– Pasca acara doa bersama lintas agama di Wisma Proklamasi Kantor DPP Partai Demokrat, terdengar lantunan Sholawat Asyghil.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang baru saja selesai mengikuti acara doa bersama di lantai 4 Wisma Proklamasi, berjalan menuruni tangga menuju acara peresmian Masjid Ahyana di kompleks DPP Partai Demokrat tersebut.

Sambil berjalan itu, AHY tampak ikut melantunkan Sholawat Asyghil yang berkumandang di halaman Masjid Ahyana.

“Waasyghili al-Dzolimin bi Dzolimin…, wa Wakhrijna Min Bainihim Salimin…”, ucap lirih AHY menuju lokasi acara.

“Wa’ala alihi washohbihi ajma’in.. Amin ya Allah…,” sambung AHY dalam doa lintas agama, Jumat (12/3).

Meskipun bersuara lirih, AHY tampak benar-benar meresapi lantunan sholawat Asyghil tersebut.

Sholawat Asyghil seolah menjadi pengobat kegundahan AHY dan seluruh kader Partai Demokrat karena menrasa didzolimi oleh pihak-pihak yang berupaya mengkudeta kepemimpinan putra sulung Ketua Majelis Partai Demokrat Susilo Bambang yudhoyono (SBY) itu.

Sholawat Asyghil merupakan sholawat yang sangat populer di kampung-kampung dan masyarakat Muslim di tanah air. Sholawat Asyghil berisi doa seorang Mukmin untuk mendapatkan keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT dari serangan orang-orang yang Dzolim.

Dalam lantunan sholawat tersebut, didoakan agar orang-orang yang Dzolim itu saling disibukkan dengan berbenturan sesama orang dzolim satu sama lain, dan juga agar orang Mukmin yang didzolimi bisa terselamatkan dari tipu daya mereka yang Dzolim.

Untuk diketahui, sholawat Asyghil merupakan sholawat yang dipopulerkan oleh salah seorang Cucu Nabi Muhammad SAW, yaitu Imam Ja’far ash-Shadiq (wafat 138 H).

Beliau hidup di akhir masa Dinasti Umawiyyah dan awal era Abbasiyyah, yang pada fase itu kondisinya penuh intrik dan konflik politik. Karena itu, Imam Ja’far ash-Shadiq selalu menyisipkan shalawat Asyghil dalam doa Qunut yang dibacakannya saat menjalankan sholat wajib. (rht)

Comments

comments