Latihan Kardio 10 Menit untuk Jernihkan Pikiran dan Tingkatkan Fokus Anda

Image Credit: DragonImages/iStock/GettyImages--sumber foto livestrong.com

Acuantoday.com— Berolahraga tidak perlu lama. Sebentar pun asalkan rutin dilakukan, pasti akan mendapatkan hasil yang baik. Misalnya latihan kardio atau aerobic, tidak perlu lama, cukup hanya 10 menit  setiap hari, bukan hanya membantu meningkatkan endofin dan kesehatan jantung, tapi juga membantu menjernihkan pikiran dan meningkatkan focus Anda.

“Saat Anda bergerak, pernapasan meningkat, detak jantung meningkat, pembuluh darah terbuka dan darah beroksigen mengalir lebih cepat ke seluruh tubuh dan ke otak,” kata John Shackleton, CSCS, pencipta ShackFit, kepada livestrong.com. “Aliran darah yang meningkat ke otak mendorong pertumbuhan pembuluh darah baru, sel-sel otak, dan memicu pelepasan bahan kimia yang dapat meningkatkan mood Anda.”

Jadi Anda tidak perlu gunakan treadmill selama satu jam untuk mendapatkan manfaat peningkatan otak ini. Menurut ulasan Agustus 2020 yang diterbitkan dalam Translational Sports Medicine, bahkan dua menit latihan kardio dapat membantu meningkatkan daya otak  Anda. Anda dapat melakukan olahraga Tabata, berjalan-jalan atau menari di sekitar ruang tamu Anda—asalkan semuanya rutin—Anda akan mendapat hasil baik.

Nah jika Anda memperpanjang waktunya dari 2 menit menjadi 10 menit, akan mendapat hasil lebih baik lagi. Livestrong memberi beberapa saran gerakan mudah, mungkin Anda ingin mencobanya.

Image Credit: John Shackleton/LIVESTRONG.com
Credit: John Shackleton/LIVESTRONG.com
John Shackleton/LIVESTRONG.com
John Shackleton/LIVESTRONG.com
Credit: John Shackleton/LIVESTRONG.com

Catatan: Setiap latihan dilakukan selama satu menit secara berurutan dan diulang kembali, total dua kali masing-masing.***dian

Comments

comments